Rapat Koordinasi dalam rangka pengamanan giat Gawai Dayak Sanggau ke XIII Tahun 2017

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar -Polres Sanggau, Bertempat diruang kerja Kadis Dikbud Kabupaten Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kel. Bunut  Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka pengamanan giat Gawai Dayak Sanggau ke XIII Tahun 2017, Rabu (05/07) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Edi Kusmadianto selaku Kasi Kebudayaan Dinas Dikbud Kab. Sanggau, Staf Dinas Dikbud Kab. Sanggau David Dino Wijayanto, S. Sn, perwakilan Polres Sanggau AKP Sukarno. P, Iptu Supriyanto, Ipda H. Manurung, Waka Polsek Kapuas Aiptu Syamsul Bahri, Perwakilan Kodim 1204/Sgu Kapten Agus, Lettu Andri, Perwakilan Satpol PP Sanggau Johansyah, Kadis Perhubungan F. Marinus dan Ketua Ketua Koordinator Seksi Pengamanan dan Parkir Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017 Adi. Kegiatan rapat tersebut dipimpin langsung langsung oleh Plt. Dinas Dinas Kebudayaan Kab. Sanggau Sudarsono, S. Ap.

Adapun pembahasan penyampaian dalam Rapat Koordinasi tersebut yakni dari Plt. Dinas Kebudayaan Kabupaten Sanggau Sudarsono, S. Ap menyampaikan bahwa kegiatan Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017 rencana akan dibuka langsung oleh Gubernur Kalbar Drs. Corlenis, MH. Dalam kegiatan Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017 akan dihadiri oleh tamu yang berasal dari luar negeri yaitu Negara Malaysia sebanyak 100 (Seratus) orang dan Negara Portugal sebanyak 3 (Tiga) orang.

Selanjutnya Sudarsono, S. Ap menambahkan dalam pelaksanaan Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017 sekiranya dapat menunjukan bahwa Kab. Sanggau adalah Kabupaten yang kompak, aman dan tertib tidak seperti hal nya kejadian / issue dalam pelaksanaan Gawai Dayak di Pontianak pada waktu yang lalu. Bahwa semua rangkaian kegiatan Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017 akan dilaksanakan di lokasi Rumah Betang Raya Dori Mpulor.

Dinas Dikbud telah menghimbau kepada seluruh kontingen Kecamatan agar membentuk Keamanan Interen untuk menyelesaikan suatu permasalahan di dalam kontingen itu sendiri. Bahwa sudah ada Temenggung Adat yang akan melakukan penindakan terhadap para kontingen yang melakukan pelanggaran seperti membawa minuman keras dan pelanggaran lainnya yang dapat menggangu jalannya kegiatan Gawai Adat Dayak tersebut.

Terakhir Sudarsono S. Ap menyampaikan agar kejadian perselisihan antara pihak TNI-Polri yang pernah terjadi pada saat Gawai Dayak Sanggau Tahun 2016 tidak terulang kembali dan bersama sama melakukan pengamanan demi lancarnya kegiatan Gawai Dayak tersebut.

Dari Perwakilan Polres Sanggau AKP Sukarno. P menyampaikan Bahwa Polres Sanggau mendukung dan menyambut baik kegiataan Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017 dan mengapresiasi giat Rapat Koordinasi dalam rangka pengamanan giat Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017. Menghimbau terkait keracunan miras yang pernah terjadi di Gawai Dayak tahun yang lalu agar tidak terulang kembali pada saat kegiatan Gawai Dayak Tahun 2017 ini.

Agar Panitia melakukan Razia terhadap warung warung yang ada di lokasi Rumah Betang Dori dan memberi tindakan yang tegas terhadap oknum yang menjual minuman keras selain minuman tradisional tuak yang telah ditentukan oleh panitia Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017. Agar panitia pelaksana menyiapkan Posko Pengmanan dan memberikan kosumsi / logistik kepada petugas keamanan yang melakukan pengamanan.

Selanjutnya AKP Sukarno. P mengatakan agar masalah perparkiran tidak menggangu jalannya kegiatan Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017. Dalam hal perparkiran diharapkan panitia parkir benar benar menjaga kendaraan yang terparkir sehingga pencurian kendaraan bermotor tidak terjadi disaat kegiatan Gawai Dayak Tahun 2017 berlangsung. Petugas parkir memiliki pakaian yang seragam agar tidak seolah-seolah seperti orang yang melakukan pengutan liar terhadap perparkiran serta melakukan pengecekan terhadap setiap kendaraan yang memasuki kawasan Rumah Betang Dori Mpulor untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan dan mengarahkan semua kendaraan untuk 1 ( Satu ) pintu agar memudahkan dalam hal pengawasan.

“Dalam hal pengamanan agar semua pihak yang terlibat dalam pengamanan dapat bersama sama menjaga situasi sehingga pelaksanaan kegiatan Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017 dapat berjalan dengan lancar dan kondusif” tutup AKP Sukarno Putro.

Dari Perwakilan Kodim 1204/Sgu Kapten AGUS. M menyampaikan bahwa pihak Kodim 1204/Sgu sangat mendukung dan menyambut baik kegiataan Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017 dan mengapresiasi giat Rapat Koordinasi dalam rangka pengamanan giat Gawai Dayak Sanggau XIII Tahun 2017. Agar panitia pelaksana menyiapkan Posko Pengmanan dan memberikan kosumsi / logistik kepada petugas keamanan yang melakukan pengamanan.

Kegiatan Rapat tersebut dihadiri sekitar 15 orang dan berakhir pada pukul 12.00 Wib serta dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi Rumah Bedatng Raya Dori Mpulor untuk menentukan lokasi pembuatan Posko Pengamanan.

Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah / Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password