Kapolda Sulsel Gelar Halal Bil Halal bersama Seluruh Anggota di Lapangan Apel

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menggelar Halal Bi Halal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1438 H secara sederhana di Lapangan apel Mapolda, Rabu (27/06/17).

Acara berlangsung usai pelaksanaan apel pagi yang ditandai dengan saling berjabat tangan antara Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Mas Guntur Laupe, para Pejabat Utama dengan seluruh Anggota Polri.

Artikel, Kapolda Sulsel Gelar Halal Bil Halal bersama Seluruh Anggota di Lapangan Apel1

Halal bi halal ini bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi, rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pimpinan dengan seluruh personel yang ada di Polda Sulsel.

Kapolda Sulsel saat memipin apel usai lebaran Idul Fitri mengungkapkan permohonan maafnya lahir dan batin kepada seluruh peserta apel dan mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1438 H kepada para personel.

Kapolda juga mengajak seluruh personel untuk tetap menjaga hubungan harmonis, baik secara intern maupun ekstern sebagai upaya mewujudkan suasana kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif.

“Selamat Idul Fitri bagi semua personel yang merayakannya, semoga kedepan kita dapat tetap menjaga kebersamaan satu dengan yang lainnya dan tetap mewaspadai aksi-aksi terorisme yang kian marak di negeri kita,” ucap Kapolda.

Mudah memaafkan, penyayang terhadap sesama Muslim dan lapang dada terhadap kesalahan orang merupakan amal shaleh yang keutamaannya besar dan sangat dianjurkan dalam Islam. Allah Azza wa Jalla berfirman.

“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan perbuatan baik, serta berpisahlah dari orang-orang yang bodoh.” (al-A’raf/7:199)

Dalam ayat lain, Allah Azza wa Jalla berfirman.

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah, kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.” (Ali Imran/3:159)

Bahkan sifat ini termasuk ciri hamba Allah Azza wa Jalla yang bertakwa kepada-Nya, sebagaimana firman-Nya.

“(Orang-orang yang bertakwa adalah) mereka yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya serta (mudah) memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (Ali-Imran/3:134)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam secara khsusus menggambarkan besarnya keutamaan dan pahala sifat mudah memaafkan di sisi Allah Azza wa Jalla dalam sabda beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Tidaklah Allah menambah bagi seorang hamba dengan pemberian maafnya (kepada saudaranya) kecuali kemuliaan (di dunia dan akhirat).” (HR. Muslim no. 2588)

Arti bertambahnya kemuliaan orang yang pemaaf di dunia adalah dengan dia dimuliakan dan diagungkan di hati manusian karena sifatnya yang mudah memaafkan orang lain, sedangkan di akhirat dengan besarnya ganjaran pahala dan keutamaan di sisi Allah Azza wa Jalla.

Penulis : Qadri

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password