Cegah Aksi Premanisme, 9 Orang ini Diamankan Polres Balangan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Kelancaran dalam berlalu lintas menjadi idaman setiap pengendara, Kabupaten Balangan yang saat ini tumbuh berkembang dituntut memiliki infrastruktur yang semakin maju pula.

Dalam pelaksanaan Operasi Ramadniya Intan 2017, Polres Balangan terus meningkatkan pelayanannya, demi kelancaran pengguna jalan raya, satuan Reskrim Polres Balangan menyisir setiap jalan yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan.

Kasat Reskrim AKP Dany Sulistiono, S.Sos, M.M yang memimpin penyisiran berhasil mengamankan 9 orang warga Balangan yang memanfaatkan kerusakan jalan untuk mengais rupiah dari pengendara jalan raya, Selasa (27/6).

IMG-20170627-WA0064

Sebanyak 7 orang di jalan Jati desa Batumandi kecamatan Batumandi dan 2 orang di jalan Temaggung Jalil Rt. 10 Kel. Batupiring Kec. Paringin Selatan yang diduga sedang meminta uang kepada pengguna jalan yang melintas berhasil diamankan Reskrim Polres Balangan.

9 orang tersebut adalah RM (22), A (20), SU (18), MFH (16), AR (18), MR (19), HR (18) yang semuanya warga desa Batumandi, Sedangkan IR (48) warga desa Pauh kab. HST dan HA (27) warga desa Baruh Bahinu Luar.

“Modus mereka adalah menimbun jalan yang rusak dan meminta uang kepada pengguna jalan, sehingga masyarakat merasa terganggu aktivitasnya,” terang AKP Dany Sulistiono, S.Sos, M.M.

IMG_20170628_003333

Dari dua lokasi di dapatkan barang bukti berupa uang hasil pemberian warga sebanyak Rp. 394.000,-, cangkul, kardus dan 5 buah sepeda motor.

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK membenarkan kegiatan ini, “Kegiatan Cipta Kondisi ini untuk memaksimalkan hasil operasi Ramadniya Intan 2017, terutama dalam mengantisipasi aksi premanisme jalanan, ” ungkapnya.

Kepala Desa dan para orang tua pelaku datang ke Polres Balangan dan meminta Restorative justice tentang perbuatan para pelaku.

“Setelah dilakukan gelar Perkara dan tidak memenuhi unsur pasal 368 KUHPidana, Semuanya kami berikan pembinaan dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya,” kata Kasat Reskrim menambahkan.

Penulis : Lois Adi

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password