Gelapkan Uang Tabungan Lebaran Bhabinkamtibmas Sondakan Surakarta Mediasi Keduanya

 Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta. Polda Jateng – Tak terima uang tabungannya digelapkan, 20 orang karyawan pabrik batik di Sondakan Laweyan Surakarta melaporkan rekan kerja mereka berinisial DA (33) ke Polsek Laweyan.

Masalah terjadi karena DA yang bertanggungjawab masalah keuangan tabungan karyawan di pabrik batik tersebut membawa uang tabungan milik 20 orang karyawan sebesar Rp. 32 juta. Setelah uang mau diambil dalam rangka Lebaran ini ternyata DA tidak bisa mengembalikannya karena uang tersebut sudah dipakai DA untuk keperluan keluarganya.

Bhabinkamtibmas Sondakan Laweyan Surakarta Aiptu Karjiyo yang mengetahui warganya sedang bermasalah ini kemudian berinisiatif memanggil Terlapor dan Pelapor untuk dilakukan mediasi, mengurai masalah dan mencarikan solusi supaya masalah tersebut tidak berlanjut kepada proses hukum.

Bertempat di rumah Prapto, pemilik pabrik batik di Jantirejo RT 01 RW 15 Sondakan Laweyan Surakarta, mediasipun dilakukan. Dibantu FKPM Sondakan, Aiptu Karjiyo memanggil DA sebagai terlapor dan YS (56) sebagai pelapor mewakili 20 orang karyawan lainnya.

Akhirnya mediasi ini membuahkan hasil, terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak. Intinya DA sanggup mengembalikan uang tersebut dalam jangka waktu 5 bulan terhitung mulai tanggal 23 Juni 2017, dan selama selang waktu 5 bulan tersebut bersedia memberikan jaminan berupa 2 buah BPKB motor AD 9193 WT dan AD 6307 AS, serta perhiasan emas berupa 1 kalung, 1 cincin dan 1 gelang dengan berat total 6,35 gram. Jaminan tersebut kemudian dibawa oleh YS dengan kesepakatan bisa diambil kembali oleh DA setelah terjadi pelunasan.

Atas kesepakatan ini dibuatlah Surat Kesepakatan Bersama (SKB) yang ditandatangani diatas materai oleh pihak Terlapor maupun Pelapor, para Saksi dan diketahui oleh Bhabinkamtibmas Sondakan.

Penulis : Heri Laweyan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password