Kapolda Papua: Pemuda Harus Menjadi Pelopor Meniadakan Segala Bentuk Potensi Konflik

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH menghadiri Buka puasa bersama dengan DPD KNPI provinsi Papua dan OKP/PKPI di mushola LPTQ Provinsi Papua di Jalan Cigombong Kotaraja, Jumat (23/06/2017).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KNPI provinsi Papua Max Markus Olua, pemuda Muhammadiyah, Kerukunan Mahasiswa Islam, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Naiziatul Aisia, Kumpulan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Persatuan islam Indonesia (PMI), Kumpulan Indonesia Muda (KIM), Gerakan Pemuda Islam (GPI), Gerakan pemudia Islam Indonesia (GPII) dan Gerakan pemuda Ansor (GP Ansor).

Ketua KNPI dalam sambutannya mengatakan, pemuda harus selalu duduk bersama-sama dan perbedaan itu sesuatu hal yang biasa. Tinggal menghitung waktu bagi pemuda yang sedang menjalankan ibadah puasa dan akan meraih kemenangan iman yang sangat besar.

“Bagi pemuda lain yang tidak menjalankan ibadah puasa, kami selaku ketua KNPI mengucapkan terimakasih untuk turut serta memberikan support dengan mewujudkan situasi yang aman dan nyaman baik di sekitar lingkungan kita atau kabupaten dan Papua secara umum,” kata Max.

Dan hari ini, Lanjut Max, para pemuda duduk bersama-sama, yang muslim dan nonmuslim. Inilah wujud kebhinekaan yang terpelihara dengan baik dan mepertontonkan sebuah gambaran kepada masyarakat luas bahwa pemuda Indonesia adalah satu.

Sementara itu, Kapolda Papua mengatakan, sebagai anak bangsa selalu berupaya untuk meningkatkan rasa persatuan keberagaman, KNPI berperan penting ditengan hitorogenitas. Karena tidak mungkin mengajak semua atau menjadikan semua menjadi homogen, karena suku dan agama yang berbeda-beda tetapi dalam bingkai persatuan Indonesia yang tertuang dalam Pancasila.

Kapolda Papua Pemuda Harus Menjadi Pelopor Meniadakan Segala Bentuk Potensi Konflik-

“Jadi hiterogenitas adalah fakta anugrah tuhan dan persatuan Indonesia adalah tekad kita sebagai anak bangsa untuk saling bahu-membahu ditengah perbedaan yang ada. Misi pembangunan di dalam kemerdekaan, kitalah komponen pemuda yang harus menjadi pelopor itu dan pemuda harus menjadi pelopor meniadakan segala bentuk potensi konflik dikarenakan adanya perbedaan,” kata Kapolda.

Bagi umat Islam, lanjut Kapolda, hari ini telah memasuki hari ke-29 berpuasa. Apabila resmi pengumunan pemerintah Idul Fitri jatuh pada hari Minggu mendatang tentu malam ini adalah malam tekahir bulan suci Ramadhan 1438 H.

“Mari kita terus memanfaatkan momentum ini untuk menyempurnakan kemimanan dan ketwakaan kita serta meningkatkan kwalitas ketawakan krn bulan ramdhan ini adalah bulan yang penuh berkah,” ujar Kapolda.

Lagi kata Kapolda, terima kasih kepada KNPI atas partisipasinya dengan mempersatukan pemuda dan berbagai kegiatasn social kemasyarakatan.

“Kita terus memerlukan pemuda yang peduli terhadap sesama umat manusia, kepedualian pemuda itu adalah cikal bakal yng sangat penting untuk meraih kesuksesan. Pemuda sembagai komponen calom pemimpin masa depan maka perlu mengasah kepedualian sosialnya,” tutur Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Di ujung acara, dilaksakan pemberian tali asih oleh Kapolda Papua dan ketua KNPI kepada para perwakilan pemuda, kemudian sesi foto bersama serta melaskanakan sholat Terawih di masjid Al Ihsan.

Kapolda Papua Pemuda Harus Menjadi Pelopor Meniadakan Segala Bentuk Potensi Konflik--

Penulis                : Komang Agus
Editor                   : Umi Fadilah
Publisher            : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password