Kasat Lantas Polres Sintang Komandani Pendirian Pos Terpadu Simpang Lima

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar-Polres Sintang, Tidak berpangku tangan melihat anggotanya bekerja, Kasat Lantas Polres Sintang, AKP Anton Satriadi, SIK, turun langsung pimpin pembangunan Pos Terpadu menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, yang berada di jalan Simpang Lima bundaran Tugu Adipura Sintang, Minggu ( 18/6/2017).

Pembangunan Pos Terpadu dalam rangka Operasi Kepolisian Ramadniya Kapuas 2017 ini, didirikan dilokasi strategis perlintasan para pengguna jalan dari berbagai arah yang melintasi wilayah dalam Kota Sintang.

“Lokasi pendirian Pos Terpadu sudah dipersiapkan berdasarkan berbagai pertimbangan, karena lokasi jalan Simpang Lima bundaran Tugu Adipura ini memang benar-benar jalur jalan padat dan rawan macet serta rawan terhadap kecelakaan lalu lintas,” jelas AKP Anton.

Menurutnya pendirian Pos Terpadu ini sudah mengakomodir jalur perlintasan pemudik yang akan melewati wilayah Kota Sintang, baik pemudik dari arah Pontianak hendak ke Kapuas Hulu ( Putusibau) atau sebaliknya, termasuk para warga pendatang yang akan berwisata ke Bukit Kelam Kec. Kelam Permai juga akan melewati jalur ini,” tambahnya.

Terpisah Kabag Ops Polres Sintang KOMPOL Edy Haryanto, SH, mengatakan bahwa nantinya Pos Terpadu ini akan ditempatkan gabungan personil yang mengawakinya, ” Kita akan tempatkan Personil di Pos Terpadu ini selain dari personil Polres Sintang juga akan kita libatkan personil dari TNI/POM, Dishub (LAJR), Dinkes dan Brimob dari Sub Den Pelopor III Pandan,” unjar KOMPOL Edy.

“Didirikan Pos Terpadu ini tujuannya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Sintang dan pemudik yang melintasi Wilayah hukum Polres Sintang untuk melaksanakan perayaan Idul Fitri 1438 H yang tidak lama lagi akan dirayakan,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya selain penyiapan 1 Pos Terpadu, Polres Sintang.juga menyiapkan 3 Pos Pengamanan (Pos Pam) dan 15 Pos Pelayanan (Pos Yan) yang merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Ramadniya Kapuas 2017, dan ini bertujuan untuk memberikan pengamanan pada perayaan lebaran nanti. Sasaran dari kegiatan ini adalah selain untuk kelancaran lalu lintas juga untuk menekan gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama Idul Fitri.

Saat dilakukan.pemantaun dilapangan, untuk pendirian Pos Terpadu yang terletak di Simpang Lima BundaranTugu Adipura ini sudah tampak megah dan hitungan persen sudah 80% mendekati selesai.

” Rest Area juga sudah kita siapkan dan sudah selesai, jadi bagi pemudik yang lelah silakan beristirahat, tempatnya enak loh, sudah ada Air Conditioner (AC), ada WC dan tempat mandi, tempat Sholat dan warung makanan juga dekat, nanti kita siapkan juga hiburan bagi masyarakat yang mau istirahat di Pos Terpadu ini,” papar Kasat Lantas yang kreatif ini.

Menyikapi apa yang sudah dilakukan oleh jajarannya dalam mempersiapkan Pos Pelayanan dan dan Pos Pengamanan, Kapolres Sintang AKBP Sudarmin,SIK,MH mengatakan bahwa melalui penyiapan Pos-pos tersebut sebagai wujud pelayanan Kepolisian kepada warga masyarakat, agar dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H di wilayah Kabupaten Sintang, masyarakat merasa aman , nyaman dan tenang,” Untuk itu kepada para personil yang mengawaki ditiap Pos, agar benar-benar bertanggung jawab dalam pelaksanaannya, nanti saya bersama rekan-rekan Forkompimda akan cek pos yang ada,” imbuh AKBP Sudarmin.

AKBP Sudarmin juga berpesan agar para personil yang akan melaksanakan tugas di Pos nantinya untuk menjaga penampilan diri dan kebersihan, baik kebersihan diri maupun kebersihan Pos, ” Kebersihan itu yang utama, jangan sampai posnya kotor , terutama yang merokok jangan membuang puntungnya sembarangan,” pesannya.

Penulis : Hariyanto
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safitudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password