Sat Pol Air Tingkatkan Patroli, Cegah Kejahatan di Perairan

IMG_8356

Tribrtanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sintang – Dalam rangka menjaga kondusifitas kemaritiman dan Harkamtibmas Satuan Polisi Perairan Kepolisian Resor Sintang, Senin (14/11/16)  melaksanakan giat rutin Bintibmas pada kapal dan tongkang dan patroli di sekitara sungai Kapuas Sintang.

Sat Polair bertugas menyelenggarakan fungsi kepolisian perairan, yang meliputi patroli perairan, penegakan hukum diperairan, pembinaan masyarakat pantai dan perairan lainnya, serta pencarian dan penyelamatan kecelakaan di perairan (SAR).

Kasat Pol Air Polres Sintang AKP Fahri Gunawan mengatakan Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada selasa (13/06) Anggota Sat Polair Polres Sintang yang dipimpin langsung Kasat Pol Air Polres Sintang besert 3 orang anggota Sat Pol Air melaksanakan pemeriksaan terhadap TB Ocean VIII, dan TB Matan Serasi 03 yang menarik tongkang Putra VII yang memuat kayu log 400 batang, 2001,9 m3 (meranti 374 batang, 1877,19 m3 dan rimba campuran 26 batang, 124.71 m3).

“Asal kayu tok antara II desa baru, kecamatan Silat hilir, Kabupaten Kapuas Hulu menuju TPK antara III Dusun Rambai, Kelurahan Mekar Jaya, Kabupaten Sintang, Saat dilakukan pemeriksaan dokumen kayu dan surat-sueat kapal lengkap, selanjutnya Tug Boot. Dan tongkang di dipersilahkan melanjutkan perjalanan”

Dalam Kegiatan tersebut Sat Polair Polres Sintang juga menyampaikan himbauan yang diantaranya menghimbau untuk mengutamakan keselamatan dalam berlayar dengan melengkapi alat keselamatan dalam kapal saat hendak berlayar. Dan apabila mememukan tindak pidana di peraian untuk segera menghubungi Anggota Sat Polair ataupun menghubungi Bhbinkamtibmas desa setempat untuk di tindakalanjuti.

Kasat Polair Polres Sintang juga dalam kegiatannyaa juga mengatakan kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Sat Polair untuk menjaga kondusifitas tentang kemaritiman dan Harkamtibmas masyarakat pesisir.  “sosialisasi hukum baik itu tentang hukum – hukum yang ada di perairan baik undang – undang perikanan, pelayaran dan lain – lain juga Sat Pol Air Sampaikan pada saat pelaksanaan Patroli, tujuannya membina dan mengembangkan daya tangkal masyarakat terhadap berbagai kemungkinan timbulnya gejolak situasi dan kondisi atau berbagai faktor kriminogen yang dapat mendorong munculnya gangguan kamtibmas” ujarnya.

Penulis : Chintya Farisa
Editor : Umi Fadhillah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password