Tega Cabuli Anak Kandung, Tersangka Ditangkap Polisi Balangan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Kasus pencabulan yang pernah mengemparkan warga Paringin pada bulan April 2017 lalu sudah dalam proses penyidikan Reskrim Polsek Paringin Polres Balangan, saat ini telah mencapai proses penyidikan dan penahanan terhadap pelaku yaitu MI (35) pada Kamis (15/6).

Penahanan terduga pelaku pencabulan ini telah melalui proses yang panjang hingga disimpulkan bahwa benar – benar MI adalah tersangka pencabulan terhadap anak kandungnya sendiri RS (17) yang telah dilakukan oleh pelaku sejak 3 tahun terakhir.

Korban yang rela berjalan hingga 5 Km dari rumahnya menuju ke Polsek Paringin guna melaporkan kkejadiantersebut langsung mendapatkan respon Kapolsek Paringin.

Menanggapi kasus yang dialami oleh korban RS, Kapolsek Paringin Iptu Cahyo Budi Widodo langsung memerintahkan Kanit Reskrim Bripka Hindera, S.H di back up sat reskrim Polres Balangan dalam melakukan olah TKP dengan cermat guna mengamankan beberapa barang bukti.

“Saat itu, karena tidak cukup bukti, terduga pelaku tidak kami lakukan penahanan, namun wajib lapor 2 x seminggu,” terang Kapolsek.

Penyidikan tetap berjalan, upaya dilakukannya visum terhadap korban masih belum memberikan cukup bukti, sehingga Kapolsek Paringin melakukan langkah pengambilan darah keduanya untuk diuji tes DNA serta celana dalam milik korban yang diduga ada bercak sperma terduga pelaku ke Labfor Mabes Polri di Jakarta.

IMG20170615154514-600x450

Setelah hampir 1 bulan menunggu, akhirnya hasil pemeriksaan Labfor Mabes Polri menyimpulkan bahwa Profil DNA dari Suntikan cairan sperma Identik dengan DNA korban RS dan celana dalam korban menghasilkan profil DNA campuran antara profil DNA terduga pelaku dengan Profil DNA korban RS.

Tidak bertindak gegabah, Reskrim Polres Balangan beserta Kapolsek dan anggotanya pada Selasa (13/6) terlebih dahulu melakukan gelar perkara yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Dany Sulistiono, S.Sos, M.M, dari hasil gelar diambil kesimpulan bahwa MI adalah pelaku dari tindak pidana pencabulan berdasarkan alat bukti.

“Kepada terduga Pelaku, berdasarkan alat bukti yang kuat kami naikkan statusnya dari saksi menjadi tersangka,” ungkapnya.

img1497528104143-600x800

Terhadap tersangka dilakukan penangkapan serta pemeriksaan sebagai tersangka dan selanjutkan Penahanan di rutan Polres Balangan, Kamis (15/6) pukul 17.00 Wita.

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK membenarkan penangkapan pelaku pencabulan tersebut, “Setelah menjalani pemeriksaan dan pencarian bukti yang cukup lama, akhirnya kasus pencabulan yang terjadi di kecamatan Paringin dapat terungkap, Kami dari pihak kepolisian tidak sembarangan dalam menetapkan tersangka terhadap seseorang tanpa ada alat bukti yang cukup,” terang Kapolres.

“Saat ini tersangka sudah diamankan di Rutan Polres Balangan untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut,” tambahnya.

Penulis : Lois Adi

Editor.  : Umi Fadilah

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password