Saka Bhayangkara Daerah Bali Dituntut Menjadi Pelopor Revolusi Mental

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Direktur Binmas Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Gusti Putu Ngurah Gunawan menghadiri upacara pembukaan perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara Daerah Bali II bertempat di Bumi Perkemahan Segara Mantra, Pulau Serangan, Denpasar Selatan, Kamis (15/6). Pelaksanaan kemah dimulai dari tanggal 15 sampai dengan 18 Juni 2017, yang diikuti 9 Saka Bhayangkara Polres se-Bali.

WhatsApp Image 2017-06-15 at 07.32.19Kombes Pol. Drs. I Gusti Putu Ngurah Gunawan selaku inspektur upacara, membacakan sambutan Kapolda Bali mengatakan, gerakan pramuka merupakan ujung tombak pendidikan karakter bangsa yang dapat diandalkan karena konsistensinya. Saka Bhayangkara harus menjadi tolak ukur dalam melaksanakan revolusi mental, sehingga menjadi generasi yang memiliki karakter baik, jujur, disiplin, tangguh, beretos kerja dan bertanggung jawab dengan bersandar pada nilai-nilai budaya dan aturan yang berlaku.

“Revolusi yang dimaksud adalah perubahan cara berpikir dan bertindak untuk ikut memiliki tanggung jawab dalam melakukan pembangunan bangsa dan negara,” ujar Direktur Binmas Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Gusti Putu Ngurah Gunawan.

Mantan Direktur Sabhara Polda Bali ini menambahkan, perkemahan tingkat daerah (pertikara) merupakan perkemahan dalam bidang kebhayangkaraan. Tema yang diambil dalam kegiatan ini yaitu “Segenap Tumpah Darahku, Ku Sumbangkan untuk Bhayangkara”, yang memiliki makna bahwa Saka Bhayangkara mempunyai tanggung jawab yang lebih sebagai kader keamanan dan ketertiban.

Tidak hanya itu, Saka Bhayangkara juga dituntut untuk menjadi suri tauladan bagi masyarakat dengan menjunjung tinggi nama baik dan eksistensi bhayangkara kedepannya. “Satyaku ku dharmakan, dharmaku ku baktikan,” tegasnya.

Pembukaan secara resmi perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara Daerah Bali II ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Direktur Binmas Polda Bali selaku Pembina Saka Bhayangkara Daerah Bali. Usai upacara pembukaan, dilanjutkan dengan meninjau lokasi perkemahan dan menyaksikan pementasan musik tradisional Jegog yang dibawakan oleh Saka Bhayangkara Polres Jembrana.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password