Angkat Budaya Lokal Polres Trenggalek Adakan Lomba Musik Patrol

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Hari pertama lomba musik patrol tingkat Polda Jatim yang digelar di alun-alun kota Trenggalek berjalan cukup meriah. Lomba secara resmi dibuka langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. Rabu (14/06).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kabagbinopsnal Binmas Polda Jatim, AKBP Dr. Dody Eko Wijayanto, SH, M.Hum mewakili Kapolda Jatim, Forkopimda Kabupaten Trenggalek, kepala OPD Kabupaten Trenggalek, ketua Ormas Islam se-Kabupaten Trenggalek serta tokoh masyarakat dan ratusan penonton yang nampak memadati alun-alun Trenggalek.

Dalam sambutannya Kapolres Trenggalek menyampaikan, musik patrol merupakan budaya dan kearifan lokal yang tumbuh dan berkembang hampir di seluruh Indonesia. Sebagai budaya maka harus dilestarikan. Salah satunya melalui lomba ini.

“Musik patrol lebih sering digunakan masyarakat saat Poskamling. Saat bulan puasa dimanfaatkan sebagai sarana membangunkan warga makan sahur. Dengan lomba ini diharapkan kemandirian masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing bisa turut meningkat” ujar AKBP Donny.

Lomba yang dimulai usai salat tarawih ini diikuti oleh 12 Polres jajaran Polda Jatim, sedangkan hari pertama diikuti oleh 6 Polres yakni, Polres Ngawi, Magetan, Madiun, Madiun Kota, Nganjuk, dan Kediri Kota.

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, masing-masing peserta benar-benar menunjukkan kemahiran memainkan alat musik yang didukung dengan sejumlah tarian yang memukau. Alunan musik patrol yang menghentak cukup mampu membius para penonton.

Dihubungi terpisah, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum. menuturkan, kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Jawa Pos bersama Polda Jatim dan Trenggalek terpilih sebagai salah satu tuan rumah.

“Sangat membanggakan. Ini membuktikan bahwa Trenggalek mempunyai nilai lebih dibandingkan kota yang lain”jelas AKP Suyono.

Masih kata AKP Suyono, ia berharap tim dari Trenggalek mampu memenangkan perlombaan ini sehingga nama Trenggalek semakin harus dan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Untuk tim Trenggalek tampil besok malam bersama 5 polres lainnya. Mohon dukungan dan doanya. Bagi masyarakat silahkan menonton. Tidak dipungut biaya. Gratis” pungkas AKP Suyono.

Penulis : Ady
Editor : Umi Fadilah
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password