Personil Polres Keerom Mengikuti Pemeriksaan Kesehatan Berkala dan Penyuluhan Tentang Penyakit Hypertensi oleh Bid Dokkes Polda Papua

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Polres Keerom – Personil Polres Keerom mengikuti penyuluhan tentang penyakit Hypertensi dan pemeriksaan kesehatan rutin berkala oleh Bid Dokkes Polda Papua Bertempat di Aula Bhayangkari Polres Keerom, Rabu (14/06/2017) pagi.

Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) rutin Bid Dokkes Polda Papua merupakan kegiatan rutin persemester kepada anggota Polri khususnya Jajaran Polda Papua yang meliputi rekam jantung, tes darah lengkap, urine, HB, tensi, gigi, lingkar perut, obesitas, mata dan ronggent.

Sebelum pelaksanaan Rikkes dimulai terlebih dahulu personil Polres Keerom mendapat penyuluhan tentang penyakit Hypertensi oleh Iptu dr. Jane Framita.

WhatsApp Image 2017-06-14 at 21.48.54

Dalam paparannya Iptu dr. Jane Framita mengulas bahwa Hypertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat, kondisi ini dikenal sebagai pembunuh diam-diam karena jarang memiliki gejala yang jelas.

Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengukur tekanan darah, seseorang akan dianggap mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi jika hasil dari beberapa kali pemeriksaan, tekanan darah tetap mencapai 140/90 mmHg atau lebih tinggi.

“Ada beberapa Faktor pemicu yang diduga dapat mempengaruhi resiko hypertensi antara lain bertambahnya usia seseorang, mengonsumsi garam yang berlebih, obesitas, riwayat keturunan dari orang tua, jarang berolahraga, mengonsumsi kopi atau kafein yang berlebih, merokok, konsumsi miras, kurangnya mengonsumsi buah dan sayuran,” kata Iptu dr. Jane Framita

Kapolres Keerom Akbp Simon Sahureka mengharapkan agar sebisa mungkin seluruh personil Polres Keerom setelah mengikuti penyuluhan ini bisa lebih mawas diri agar tetap menjaga kesehatan terutama perbaiki pola makan dan rajin berolah raga.

WhatsApp Image 2017-06-14 at 21.45.04

“Untuk Rikkes berkala saya juga memerintahkan agar seluruh personil mengikutinya karna ini sangat penting dan gratis, berapa biaya yang harus kita keluarkan andaikata kita periksa kesehatan sendiri dan dari hasil Rikkes nantinya bisa diketahui kekurangan atau apa yang perlu dilakukan setelah ada hasil Rikkesnya, karena Rikkes ini dilakukan sifatnya adalah untuk pencegahan,” kata Kapolres Keerom Akbp Simon Sahureka

Kegiatan dilanjutkan dengan Rikkes kepada personil Polres Keerom oleh Bid Dokkes Polda Papua yang di Pimpin oleh Akp Djoko Suroso dan beberapa tim kesehatan dari Bid Dokkes serta dibantu oleh anggota klinik Polres Keerom.

Penulis : Parlan/Marthen
Editor  : Umi Fadilah
Publish : Marthen L E

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password