Kapolda Papua Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 H

Tribratanews.polri.go.id.- Polda Papua.- Rapat koodinasi lintas sektoral operasi ramadhaniyah matoa 2017 polda papua dengan intansi terkait dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1438 H, dilaksanakan di gedung rastra samara polda papua, selasa/13/6/2017.

Kapolda Papua, Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar MH, pada rapat tersebut menyampaikan bahwa, “Operasi Ramadniya 2017 yang bertepatan dengan Idul Fitri, adanya peningkatan arus mudik, kalau di daerah (papua) pada umumnya masyarakat yang bekerja di Papua melaksanakan mudik ke daerah jawa dan sebaliknya orang-orang asli Papua yang bekerja atau sekolah di Jawa melaksanakan mudik ke Papua namun Papua tidak menjadi atensi arus mudik”.

Lanjut Kapolda “Kepolisian tidak hanya melakukan pengamanan seputar arus mudik tetapi juga memberikan pengamanan dan pengaturan lalu lintas kepada umat muslim yang melaksanakan sholat idul fitri, pengamanan dilakukan sebelum dan sesudah sholat, dan pada umumnya masyarakat setelah perayaan lebaran idul fitri banyak yang bepergian ke tempat tempat wisata, inilah tugas Polri dibantu dengan fungsi terkait untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat”.

polda ramadhannn 2017

“Polri harus hadir ditengah-tengah masyarakat memberikan rasa aman kepada masyarakat dan juga respon cepat dari anggota kepolisian yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mudah-mudahan dengan rapat koordinasi ini dapat terwujudnya tanah Papua dalam suasana yang aman dan kondusif, “Kami juga menghimbau kepada jajaran Polres dan Polsek untuk menggelar Safari Ramadhan untuk memberikan ceramah ataupun pemahaman kepada masyarakat tentang penyakit-penyakit masyarakat dan menjaga ketertiban dibulan ramadhan ini”. Kepolisian juga mendirikan pos-pos Polisi ditengah-tengah aktivitas keramaian masyarakat baik di terminal, di pelabuhan, di bandara dan juga pos-pos pengaturan lalu lintas, ” tutur kapolda papua.

Pada kesempatan itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua Pdt. Lipiyus Biniluk menyampaiakan bahwa, “Kerukunan umat beragama harus kita junjung tinggi. saat ini terjadi radikalisme cenderung mengatasnamakan agama tertentu. FKUB dibentuk oleh pemerintah dan merupakan suatu wadah penting untuk menjaga kerukunan umat beragama, komunikasi antar umat beragama harus kita jaga dengan baik.

polda ramadhan 2017

Lajuta Pdt Lipiyus, “Kita hadir dalam momentum hari Raya Idhul Fitri, semua instansi yang hadir kita doakan agar pelaksanaan Hari Raya umat Islam ini bisa berjalan dengan aman dan lancar”.

Ditempat yang sama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Papua, Jannus Pangaribuan, SH., MM., mengatakan bahwa, “Kami telah menghimbau kepada umat muslim di Jayapura dan daerah-daerah lainnya di Papua agar melaksanakan takbiran keliling di mesjid-mesjid sendiri dan terkecuali di kebupten Merauke karena memang tiap tahun dilakukan takbir keliling yang di ikuti oleh komponen masyarakat.

Penulis : Vickhy Merani

Editor : Umi Fadilah

Publish : Vickhy Merani

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password