Bhabinkamtibmas Prakarsai Safari Ramadhan.

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar – Polres Landak, Seiring dengan bulan suci ramadhan biasanya umat muslim menjadikan moment ini sebagai jembatan bagi umat untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah.SWT. semua berlomba lomba melakukan hal kebaikan guna mendapatkan berkah darinya.

Tak terlepas dari moment ramadhan, hal ini juga dimanfaatkan oleh pihak pemerintah untuk mendekatkan diri kepada masyarakat ataupun dari masyarakat kepada masyarakat lainnya yang pada kegiatannya biasa dilaksanakan dari masjid ke masjid atau yang biasa disebut safari Ramadhan. Hal ini dilakukan guna menjalin silahturahmi untuk mempererat tali persaudaraan dan terjalinnya komunikasi serta terserapnya aspirasi baik golongan, kelompok ataupun komunitas serta individu secara langsung.

Rabu ( 7/6 ), bertempat di masjid Mardotillah Ds. Mungguk pkl 17.00 s/d 20.30 wiba telah berlangsung kegiatan safari Ramadhan yang diprakarsai oleh Bhabinkamtibmas Ds.Mungguk Bripka Ya’ Hendri .S. IP bekerja sama dengan Ikatan Pemuda Muslim Ngabang (IPMN) yang diketuai Ustadz’ Muhamad Sadikun. Pada rangkaian kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para pengurus desa, remaja masjid dan jema’ah masjid.

Pada rangkaian kegiatan diawali dengan buka puasa bersama dan dilanjutkan sholat magrib serta sholat isya dan tarawih berjama’ah, pada akhir acara dilaksanakan ceramah uraian hikmah Ramadhan sebagai bagian pokok dari acara safari Ramadhan.

Pada moment rangkaian kegiatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Ya’Hendri untuk memberikan himbauan kepada peserta yang hadir berisi Al :
– Agar para jema’ah hendaknya selalu bersyukur dan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT dlm kondisi apapun, sehingga tidak mudah utk diajak dlm hal – hal negatif yg akan merugikan pribadinya masing – masing, seperti penyalah gunaan narkoba, kenakalan remaja dan perilaku menyimpang Lainnya.
– Memotivasi para jema’ah anggota remaja Masjid utk meningkatkan pengetahuan baik dlm bidang akademik/ pendidikan formal dan keterampilan / life skill (kecakapan hidup), agar mampu bersaing dlm kehidupan pada kondisi global sekarang.(karena para jema’ah mayoritas kalangan pemuda / remaja)
– Agar para jema’ah pengajian selalu memupuk, membina dan menjaga eksistensi empat pilar kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Tegaknya NKRI
– Agar para jema’ah untuk bijaksana dlm memaknai isu – isu Intoleransi di medsos dan bijaksana pula dlm menggunakan medsos.
– Meningkatkan kewaspadaan dan peduli dgn lingkungan sekitar dengan melaksanakan siskamling
– Memberikan himbauan kepada para jema’ah pengajian yg notabene para remaja, pemuda/ pemudi utk selalu untuk tdk keluar malam karena dapat mudah terpengaruh dgn hal-hal yang negatif seperti ” Penyalah gunakan narkoba dan kenakalan remaja “.
– Jangan mudah terpancing dgn berita-berita yg belum tentu kebenarannya, atau hal – hal lain yg bernuasa Intoleransi antar umat beragama maupun etnis/ suku dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian.
– Agar para jema’ah pengajian tetap menjaga, merawat, membina dan meningkatkan Rasa kebesamaan, gotong royong, dan persatuan dlm lingkungan masyarakat Kec.Ngabang pada khususnya Kab. Landak pada u.mumnya, mempunyai kondisi riil yg multi etnis dan harus jadikan sebagai berkah dlm bingkai Kebhinekaan di masyarakat.
– Agar himbauan ini di sampaikan secara berantai kepada masyarakat luas. Papar Ya’Hendri pada himbauannya.

Penulis : Irwanto
Editor : Umy Fadilah/Sugeng.HS.
Publish : Cucu Safiyudin.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password