Cegah KARHUTLA Babhinkamtibmas Polsek Monterado Kampanye Lebih Awal

Tribratanews.polri.go.id

Polda Kalbar, Polres Bengkayang – Guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) di wilayah Kecamatan Monterado Kab Bengkayang, jajaran Kepolisian Sektor Monterado melaksanakan kampanye KARHUTLA dengan melakukan Patroli ke kebun-kebun dan hutan di seluruh Desa yang ada di Kecamatan Monterado (11 desa).

Selain berpatroli dan membentangkan spanduk, personil Polsek Monterado juga melakukan himbauan kepada warga dengan cara berkomunikasi secara langsung terkait antisipasi KARHUTLA, serta menempelkan lembaran himbauan Kamtibmas di tempat atau lokasi yang ramai di datangi warga seperti Kantor desa, toko atau warung.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan di seluruh desa yang ada di Kecamatan Monterado dan dilakukan setiap saat oleh seluruh personil yang telah di tunjuk dengan mengedepankan peran Babhinkamtibmas yang ada di desa masing-masing. Kampanye ini dilakukan lebih awal dengan maksud tercapainya tujuan bersama yaitu meniadakan KARHUTLA di wilayah Kecamatan Monterado, serta memberikan pemahaman yang dapat diterima oleh warga setempat tentang kerugian yang akan dialami oleh kita semua apabila terjadi kebakaran hutan.

“Babhinkamtibmas telah berkampanye dan berinteraksi langsung dengan warga yang ada di desa, bahkan personil saya sampai ke dalam hutan untuk memastikan agar warga jangan membakar lahan apabila untuk membuka kebun”. Ujar Kapolsek Monterado (06/06/2017). “Kita sudah sosialisasikan dengan berbagai cara agar tidak membakar hutan atau lahan, tapi jika masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan himbauan ini, maka jangan salahkan kami apabila kami bertindak tegas,” jelas Kapolsek Monterado.

Hal ini akan memperoleh hasil yang maksimal dengan adanya kerjasama dari pihak terkait seperti Camat, TNI, Manggala Agni/Brigdalkar, perangkat desa serta masyarakat setempat, sehingga diharapkan dapat mencegah terjadinya KARHUTLA di wilayah Kecamatan Monterado.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor. : Umi Fadillah
Publish. : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password