Tangkal Masuknya Makanan Terlarang dan Kadaluarsa, BPOM Provinsi Riau Koordinasi ke Polres Inhil

Tribratanews.polri.go.id – Polres Inhil

Membanjirnya barang – barang dari luar, yang belum teruji, kandungan bahan dan zat dasarnya, menyebabkan intitusi negara yang bertanggung jawab untuk hal tersebut, harus merapatkan barisan. Jumat, 2 Juni 2017, pukul 09.30 WIB, di Ruang Kerja Kapolres Inhil, Jalan Gajah Mada No. 2 Tembilahan, telah dilakukan Koordinasi antara Kepala BPOM Provinsi Riau Muhammad Kashuri, yang didampingi 2 orang Staf BPOM Prov. Riau, dengan Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung, SIK dan didampingi oleh Kasat Res Narkoba Polres Inhil, AKP Bachtiar, S.H, Kasat Polairud Polres Inhil, AKP Awaluddin Dalimunthe, Kasat Sabhara Polres Inhil, AKP Alakdin Napitupulu, Kanit Tipidter Sat Reskrim Polres Inhil, IPDA H. Erizal.

Dalam koordinasi ini, dibahas beberapa hal, terkait nota kesepahaman antara Polri dengan BPOM diantaranya yaitu Koordinasi Gakkum, informasi pengawasan dan operasi bersama dalam hal bantuan Laboratorium. Saat ini, menurut Kepala BPOM, BPOM hanya menguji sampel biologis, bukan sampel urine terkait dengan aksi penggunaan lem maupun obat – obatan terlarang. Sasaran BPOM adalah makanan kaleng, buah maupun minuman Milo, Sereal dan barang-barang yang datang dari Negara Malaysia, atau negara lainnya. Jika ditemukan kasus yang berkaitan dengan BPOM, BPOM akan menyerahkan kasus tersebut untuk ditindak lanjuti oleh Satuan Fungsi yang berkompeten dibidang Gakkum diantaranya yaitu Unit Tipidter Sat Reskrim, Sat Narkoba maupun Gakkum Sat Polairud.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres mengatakan, bahwa pihaknya akan terus mendukung kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Pihak BPOM, dan Polres Inhil siap untuk melakukan kerja sama dengan BPOM. Sejauh ini, dalam Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD), Polres Inhil telah menyita beberapa makanan kadaluarsa, untuk selanjutnya dimusnahkan.

Penulis   : Heriman Putra

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password