Peringati HUT Bhayangkara Ke-71, Polres Enrekang Gelar Fun Bike Cross Country

Tribratanews.polri.go.id – Enrekang Sulsel, Polres Enrekang melaksanakan kegiatan Fun Bike Cross Country dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-71 yang diikuti oleh ratusan peserta, Jumat (19/05/17).

Acara digelar di halaman Polres Enrekang dan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Enrekang H. Amiruddin dengan rute start di Mako Polres Enrekang terus ke Bamba lalu masuk jalan Randangan keluar pos lantas Batili kemudian keluar di Patung Sapi lanjut ke Pinang depan Kantor Bupati lalu ke talaga lewat depan Kodim 1419 dan akhirnya finish di pos Lantas.

Ditempat finish inilah para peserta mengambil kupon, adapun jarak yang ditempuh peserta sekitar 13.100 KM selanjutnya kembali ke Mako Polres Enrekang untuk beristirahat dilanjutkan pengundian doorprize.

Kemudian peserta jalan santai dilaksanakan kepada bapak-bapak/ibu-ibu yang tindak memiliki sepeda yang dilepas langsung oleh ibu ketua bhanyangkari cabang Enrekang Ny. Meylani Witarsa Aji dengan rute jalan santai yakni start di Mako Polres Enrekang lalu ke Batili dan kembali ke Mako Polres Enrekang untuk pengambilan kupon doorprize.

Dalam pengudian doorprize diikuti sangat meriah oleh para peserta karena dalam undian tersebut terdapat banyak hadiah-hadiah mulai dari hadiah kecil sampai hadiah besar seperti kulkas,TV, sepeda 7 buah, dan 1 hadiah utama yaitu sepeda motor serta masih banyak lainnya yang sangat menggiurkan.

Adapun peserta yang mendapatkan hadiah utama berupa 1 unit sepeda motor merk Honda Revo yaitu Briptu Ambar dari Sat Reskrim Polres Enrekang.

Saat ini bersepeda merupakan olahraga yang tengah diminati oleh masyarakat, hampir setiap hari bisa melihat orang bersepeda. Sebenarnya apa saja manfaat dan efek samping bersepeda bagi kesehatan?

Sepeda pertama kali diperkenalkan di Eropa sekitar akhir abad ke 19, setelah itu mulai menyebar hingga ke Amerika Serikat dan kini hampir ke seluruh dunia. Latihan ini dikenal sebagai salah satu bentuk olahraga yang murah dan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Untuk itu ketahui beberapa manfaat dari bersepeda bagi kesehatan, seperti dikutip dari Livestrong dan 24hrfitness.co.uk :

  1. Sepeda membantu membentuk tubuh dan memberikan energi. Saat bersepeda gerakan yang dilakukan turut membentuk, menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Selain itu lemak di daerah ini akan berkurang dan diganti oleh otot.
  2. Turut membantu mengurangi selulit di paha, serta mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobik.
  3. Sepeda membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot seluruh tubuh.
  4. Bersepeda diyakini bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.
  5. Sepeda bisa membantu mengurangi kadar stres, hal ini karena umumnya orang melakukan sepeda sambil santai dan menghitup udara segar.
  6. Sepeda baik untuk kesehatan kardio (jantung), olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Penulis : Ros

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password