Polda Kalsel Tetapkan Sekretaris KPU Banjar Jadi Tersangka Korupsi

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalsel – Penyidik Tindak Tipikor Polda Kalimantan Selatan telah menuntaskan penyidikan kasus dugaan korupsi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjar tahun anggaran 2013.

Kasus penyidikan ini sendiri berbeda dengan kasus korupsi yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Martapura di KPU Banjar yang juga menetapkan tiga tersangka kasus korupsi dana hibah pemilukada tahun anggaran 2015 dari APBD.

Dalam kasus yang penyidikannya dilakukan sejak 2016 ini, Tipikor Polda Kalsel menetapkan tersangka yakni Sekretaris KPU Banjar 2013 Gt M Ihsan Perdana yang juga Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) atau Sekretaris KPUD Kabupaten Banjar.

Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana didampingi Direktur Krimsus Polda Kalsel Kombes Pol Rizal Irawan mengungkapkan, modus kasus ini yakni tersangka selaku KPA dalam melakukan pengelolaan dan pertanggungjawaban anggaran yang bersumber dari sumber APBN telah menyimpang dari ketentuan Undang-uandang No 1 Tahun 2001 tentang perbendaharaan negara dan peraturan menteri keuangan.

“Modusnya pembayarakan kegiatan pengadaan barang fiktif, pembayaran kegiatan dengan mark up, dan perbuatan pertanggungjawaban palsu,” jelas Kapolda.

Kapolda juga mengatakan, pihaknya telah menyita satu ruko beserta sertifikat atas nama Nurhayana yang merupakan istri tersangka, kemudian uang sebesar Rp 61 juta,

“Kerugian negara sebesar Rp3,5 miliar dari hasil nilai pagu Rp 16 miliar,” papar Kapolda untuk kasus ini telah tahap 2 dimana tersangka dan barang bukti mereka limpahkan ke Kejaksaan.

penulis : Yudha
editor : Umi Fadilah
publish : Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password