Polisi Reserse dan Kriminal

tribratanews.polri.go.id – Polda Kepri, Sat Reskrim (Satuan Reserse dan Kriminal) adalah unsur pelaksana utama Ditingkat Kepolisian Resort yang berada Dibawah Kapolres. Jika Dilihat dari fungsi tugasnya, Sat Reskrim memiliki tugas yang hampir sama dengan Sat Intelkam (Satuan Intelijen dan Keamanan). Sat Reskrim bekerja Dimana saja, tidak harus Dikantor, Sat Reskrim juga tidak Diharuskan memakai seragam Disaat mereka menjalankan tugasnya.

Tugas utama Sat Reskrim adalah mengadakan fungsi penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana, pengendalian penyelidikan, pengawasan, penyelenggaraan identifikasi dan laboratorium forensik dalam rangka menegakkan hukum serta pengelolaan terhadap informasi kriminal nasional.

Ada beberapa hal yang menjadi tugas utama dari Sat Reskrim, seperti : menangani tindak pidana keamanan Negara, tindak pidana bagian ekonomi atau perbankan, menangani kasus korupsi, menangani tindak pidana narkoba dan lain – lain. Jika Diklasifikasikan, unsur pelaksana utama Direktorat Bareskrim, terdiri dari 5 (lima) Direktorat antara lain sebagai berikut :

  • Direktorat Tipidum, khusus menangani Tindak Pidana Umum dan Tindak Pidana yang menyangkut keamanan NKRI.
  • Direktorat Tipideksus, khusus menangani bagian Bidang Ekonomi dan Perbankan / Tindak Pidana Khusus lainnya.
  • Direktorat Tipidkor, khusus menangani bagian Tindak Pidana Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.
  • Direktorat Tipidnarkoba, khusus menangani Tindak Pidana Narkoba.
  • Direktorat Tipidter, khusus menangani Tindak Pidana yang tidak ditangani oleh Dit I sampai Dit IV

Tentunya, Satreskrim dengan tugas yang sudah Diberikan kepada bagian – bagian tertentu, tidak melupakan  fungsi dari penyelenggaraan tugas yang mereka laksanakan yaitu berhubungan dengan penyelidikan Tindak Pidana , Sat Reskrim tetap memberikan pelayanan dan perlindungan khusus kepada korban / pelaku remaja, anak dan wanita dalam rangka penegakan hukum dan menjalankan tugas Sat Reskrim sesuai dengan ketetentuan yang berlaku.

Sat Reskrim juga memiliki tugas lainnya yaitu, menyelenggarakan pembinaan teknis, pembinaan penyelidikan Tindak Pidana, fungsi identifikasi dan kegiatan lainnya, selain itu Sat Reskrim juga menganalisis setiap kasus yang menonjol serta bagaimana pelaksanaannya dan mengkaji efektifitas pelaksanaan tugas Reskrim.

penulis : Andi S

Editor : Umi Fadilah

Publish : Andi S

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password