Kembali PLBN Entikong terima 122 TKIB

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Malaysia kembali mendeportasi 122 Tenaga Kerja Indonesai Bermasalah (TKIB), Senin (15/5) pukul 12.10 Wib. Mereka di Deportasi dari KJRI Kuching dan Depot Imigresen Negara Malaysia Semuja melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong Kec. Entikong.

Kapolsek Entikong Kompol Kartyana W.W.P, S. IK menjelaskan, TKIB tersebut dipulangkan ke tanah air dengan menggunakan 1 unit kendaraan Mini Bus (Ben) Imigresen Semuja Malaysia dan 2 unit Truck Imigresen Semuja serta dikawal langsung oleh pihak Imigresen Semuja Malaysia beserta Konsulat Jendral Republik Indonesia di Malaysia. Setelah menerima para TKIB tersebut, kemudian dilakukan penghitungan atau pendataan ulang jumlah TKIB yang di Deportasi dan memisahkan jumlah TKIB per Kabupaten/Kota/Provinsi.

Petugas selanjutnya melakukan Screning masing-masing TKIB yang dilaksanakan oleh P4TKI Entikong dibantu anggota Polsek Entikong.

“Kami juga melakukan pengembangan kasus dari hasil screning, apabila ada indikasi merupakan korban traficking atau perdagangan orang tentu akan kami usut Agen TKI Ilegal dan jaringannya yang menyalurkan mereka,” tegas Kapolsek.

“Seluruh TKIB yang dipulangkan diminta menandatangani surat pernyataan untuk tidak kembali lagi ke Negara Malaysia tanpa dokumen lengkap. Dari hasil screning ditemukan beberapa permasalahan yang dialami TKIB di Negara Malaysia, diantaranya pekerjaan tidak sesuai, gaji tidak sesuai, tidak memegang paspor, tidak ada permit dan kondisi sakit,” tambahnya.

“Dari hasil data, TKIB yang di deportasi dari Negara Malaysia berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia dengan rincian Provinsi Kalbar sebanyak 55 orang, Provinsi Lampung 1 orang, Provinsi Jabar sebanyak 7 orang, Provinsi Jatim 15 orang, Provinsi NTB 7 orang, Provinsi NTT 9 orang, Provinsi Sulsel 10 orang, Provinsi Banten 11 orang, Provinsi Jateng 4 orang, Provinsi Papua 1 orang dan Provinsi Kepri 2 orang. Total TKIB yang di deportasi melalui PLBN Terpadu Entikong, sebanyak 122 orang terdiri dari Laki-laki sebanyak 100 orang dan Perempuan 22 orang,” ungkapnya.

Setelah dilakukan proses Screning, 122 TKIB dari Negera Malaysia kemudian diberangkatkan menuju Kantor Depsos Pontianak dengan menggunakan 4 Unit kendaraan Bis Umum.

“Sekira jam 16.00 Wib, 4 Unit Bis Umum yang membawa TKIB dari Negara Malaysia berangkat meninggalkan PLBN Terpadu Entikong menuju Pontianak,” tutupnya.
Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Syafiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password