Press Release Kasus Penipuan Mengatasnamakan Kabid Humas Dengan Modus Minta Bantuan Dari Forkopimda.

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku, Modus penipuan yang dilakukan oleh orang yang tidak dikenal dengan cara, menelpon para pejabat Forkopimda Maluku dengan modus bahwa sehubungan dengan perubahan Status Polda Maluku dari Tipe B menjadi Polda Tipe A. Sehingga membutuhkan biaya pengurusan administrasi ke Mabes Polri, (12/5).

Dengan terbongkarnya kasus penipuan ini mengatas namakan Kabid Humas Polda Maluku AKBP A. R. Tatuh, para pelaku melakukannya dengan modus para pelaku menghubungi para pejabat Forkopimda Maluku via telpon selurer pada hari Rabu, (10/5), kemudian pagi tadi Jumat  (12/5-red) para pelaku mengulangi lagi dengan cara yang sama menelpon para pejabat Forkopimda Maluku dengan alasan bahwa Kabid Humas Polda Maluku meminta bantuan dari Bapak-Bapak Pejabat dengan alasan pengurusan administrasi perubahan Tipe Polda Maluku dari Tipe B menjadi Tipe A, jelas Kabid Humas Polda Maluku kepada Wartawan media cetak dan elektronik diruang kerjanya sore tadi, (12/5-2017).

Lebih lanjut dikatakan Kabid Kepada rekan-rekan media, menjelaskan bahwa setelah para pejabat Forkopimda Maluku menerima telepon dari para penipu itu langsung para pejabat Forkopimda Maluku menghubungi via telepon seluler Kabid Humas Polda Maluku menanyakan tentang membutuhkan bantuan dana dalam kepengurusan admintrasi tersebut, karena sehubungan dengan perubahan Tipe Polda Maluku, itulah yang ditirukan pejabat, jelasnya Kabid.

Namun, para pejabat Forkopimda Maluku belum sempat mentransfer uang kepada para penipu tersebut. Kabid juga belum tahu apakah mungkin ada pejabat lain yang menjadi korban, karena baru beberapa pejabat menghubungi Kabid menananyakan hal tersebut, tambahnya.

Untuk itu, Kabid menghimbau kepada warga masyarakat bahwa permasalahan perubahan Tipe Polda sudah selesai karena masalah dinas. Namun sekarang ini ada menerimaan Casis Akpol, Bintara dan Tamtama Polri di Polda Maluku, jangan sampai ada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab mempergunakan kesempatan penerimaan Casis tersebut dengan mengiming-imingi orang yang akan mengurus Casis sampai masuk pendidikan dengan meminta imbalan uang. Jadi kalau ada yang demikian supaya segera menghubungi atau melaporkan kepada Pos Polisi terdekat atau Panitia Daerah (Panda) Polda Maluku untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku, himbaunya.

Penulis  : Arifin Tuharea
Editor    : Umi Fadilah
Publish  : Rifan Tulak

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password