Operasi Patuh Intan 2017 : Polres Balangan Harapkan Fatalitas Korban Laka Lantas Menurun

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Apel gelar pasukan operasi Patuh Intan 2017 di halaman Mapolres Balangan yang dipimpin Wakapolres Balangan Kompol Reinaldo, S.Kom Selasa (9/5/2017) pukul 08.00 Wita berlangsung dengan lancar, apel ini menandakan dimulainya operasi Patuh Intan 2017 di wilayah hukum Polres Balangan..

Permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan    populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,

Sesuai amanat undang-undang no. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Polri diharapkan dapat mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcarlantas), pelayanan kepada publik serta meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Permasalahan tersebut kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak.

Pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan safety belt dan pelanggaran terhadap rambu / marka jalan.

WhatsApp Image 2017-05-09 at 09.01.17 (1)

Operasi patuh tahun 2017 ini akan dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 9 Mei s.d. 22 Mei 2017, secara serentak di seluruh Indonesia  untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan represif berupa penegakkan hukum penilangan yang terukur bagi para pelanggar lalu lintas tanpa mengesampingkan kegiatan preemtif dan preventif serta dilakukan dengan tindakan kepolisian yang humanis mengedepankan 3S (senyum sapa salam).

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.I.K Melalui Kasat Lantas AKP R. Sudarto, S.H menjelaskan “Dengan adanya operasi Patuh Intan 2017 ini, Polres Balangan berupaya untuk memaksimalkan hasil yang telah ditetapkan sesuai dengan perkiraan intelijen yang menyasar dititik – titik rawan pelanggaran lalu lintas” ungkapnya.

“Kami juga akan menyasar di tempat – tempat yang jarang tersentuh, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama dalam mematuhi terhadap peraturan berlalu lintas” tambahnya.

Penulis : Lois Adi

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Lois Adi

Admin Polri55933 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password