Kedamaian di Solo : POLRI , TNI dan Masyarakat Bersama Peringati Israj Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Balaikota Surakarta

Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta – Polsek Pasar Kliwon Surakarta melaksanakan pengamanan Israj Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1438 H yang diselenggarakan oleh PHBI (Peringatan Hari Beaar Islam) Kota Surakarta di Pendhapi Gedhe Balaikota, Senin ( 9/5/2017 ) pukul 09.30 wib.

Nampak hadir, Wakil Walikota Surakarta Dr. Ahmad Poernomo, Apt, Sekda Ir Budi Yulistyanto, Msi, Kajari Sumardjo, SH, Kompol Edi Sulistyo,SE mewakili Kapolresta Surakarta, Kapten Inf Waluyo mewakili Dandim 0735/ Ska, Kapten Inf Mulyanto Pabintal Group 2 Kopassus, serta hadir undangan sekitar 500 orang baik Polri, TNI, dan Isntansi lainya.

Maksud diadakannya acara Peringatan Israj dan Mi’raj adalah untuk meningkatkan rohani agama Islam kepada masyarakat seluruhnya serta POLRI dan TNI dalam rangka membina dan melestarikan tentang peristiwa bersejarah hari besar Islam. Target kegiatan ini untuk menciptakan kesadaran kepada masyarakat dalam mengembangkan ibadah di dalam bidang Dosbud dan menjadikan agama sebagai sumber motivasi untuk meningkatkan ilmu dan tawakal umat Islam dalam kehidupan ditengah masyarakat, ungkap Drs.H.Muslim Umar, MAg Ketua panitia acara PHBI Kota Surakarta.

Peringatan Israj Mi’raj ini diselenggarakan pada dasarnya untuk menjadi peringatan bagi kita agar selalu mempelajari apa makna dan hikmah yang terkandung di dalam peristiwa tersebut. Salah satu hikmah israj mi’raj yang paling penting adalah tentang kewajiban Shalat lima waktu yang telah Allah perintahkan langsung kepada Nabi Muhammad.
lsra’ mi’raj tidak hanya merupakan bagian dari transformasi spiritual tetapi juga transformasi sosial. Transformasi spiritual mengajarkan Umat islam untuk senantiasa taat, tunduk. dan patuh kepada apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang oleh Tuhan yang maha kuasa. Dan transformasi sosial, mengajak kita semua untuk senantiasa melakukan perubahan dalam segala hal seperti yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dengan revolusi mental. Mental kita semua terus melakukan perubahan ke arah perbaikan-perbaikan, dari kesalahan menuju kesalehan, dari keterbelakangan menuju kemajuan dan dari segala bentuk maksiat / keburukan menjadi kebaikan untuk kesejateraan umat manusia.

Selanjutnya dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1438 H saya mengingatkan dan juga mengajak Umat Islam untuk segera mempersiapkan diri. Buatlah rencana kegiatan untuk memakmurkan masjid seperti shalat tarawih, tadarusan, kuliah subuh, kajian ilmu dan lainnya. Mudah-mudahan kita dianugerahi oleh Allah kesehatan jasmani serta rohani, sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan baik dan benar, ucap Dr Ahmad Purnomo, Apt dalam sambutanya mewakili Walikota Surakarta.

Inti Tausiah dari Isro Mi’roj Nabi Muhammad SAW 1438 H yang di isi oleh Ust. Drs. KH. Ahmad Yani tentang kehidupan di dunia yakni tidak ada kata yang perlu disombongkan di dunia ini. Perlu kita ketahui dan di renungkan bahwa sesungguhnya kita semua hidup didunia hanyalah sesaat. Mari kita tinggkatkan kebaikan-kebaikan dan jangan munculkan permusuhan, biar ketika kita meninggal dunia dalam keadaan khusnul khotimah.

Penulis : Miun Kliwon
Editor   : Umi Fadillah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password