LPSK RI Minta Tambahan Personil Dalam Silaturahmi Dengan Kapolri

Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri,Kapolri Jenderal Pol Drs Tito Karnavian,M.A,Ph.D, Senin (8/5/2017) menerima kunjungan pimpinan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Indonesia.

Pertemuan yang digelar di ruang tamu Kapolri ini dihadiri Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai, S.H., LL.M dan beberapa stafnya.

Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai, S.H., LL.M menyampaikan bahwa tugas LPSK  dalam memberikan perlindungan terhadap saksi dan korban juga membutuhkan Polri.  Saat ini LPSK sedang membutuhkan tambahan personel untuk menjalankan tugasnya dan untuk itu diperlukan tambahan dari personel Polri. Disamping itu, MOU antara LPSK dan Polri terkait beberapa tindak pidana juga sudah hampir habis masa berlakunya dan akan diperpanjang lagi.

fafaf
“ MOU ini terkait tentang beberapa tindak pidana, misalnya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Polri sudah merekomendasikan para saksi dan korban untuk mendapatkan perlindungan dari LPSK dan hal ini sudah berjalan dengan baik,” ujar Abdul Haris Semendawai, S.H., LL.M.

Dalam pertemuan tadi juga dibicarakan terkait rekomendasi terhadap korban hendaknya disampaikan lebih awal agar penanganan terhadap saksi dan korban dapat dilakukan lebih baik.

Selanjutnya untuk korban TPPO, agar dilakukan penghitungan kerugian yang dialami dan di masukan dalam BAP, sehingga korban dapat mengajukan restitusi dalam proses persidangan.

Ditambahkan lagi oleh Ketua LPSK, untuk korban teroris terdapat kendala yg ditemukan terkait  surat keterangan sebagai korban dari kepolisian yang berimplikasi  pada susahnya mendapatkan layanan perlindungan. Terkait hal ini, Kapolri sudah menyetujui akan diatur secara khusus dalam MoU yang akan diperpanjang dalam waktu dekat.(*)

Penulis : Tim (danielldt)

Editor : Umi Fadilah

Publish : Alam / Veri / danielldt

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password