Polres Bitung dan Kodim Amankan Unjuk Rasa Buruh di Dua Lokasi

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Aksi unjuk rasa para buruh digelar dalam 2 gelombang di Kota Bitung, Selasa (02/05/2017) pagi dan siang. Ini dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada tanggal 1 Mei tiap tahunnya.

Demo gelombang pertama dilakukan di depan Kantor Walikota Bitung, yang digelar oleh Federasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia. Siang harinya sekitar pukul 13.30 WITA, menyusul demo gelombang kedua yang berlangsung di Kantor Walikota dan DPRD Kota Bitung.

Demo siang itu melibatkan beberapa federasi buruh di Kota Bitung, antara lain Federasi Serikat Buruh KAMIPARHO (FSB Kamiparho), Federasi Konstruksi Umum dan Informal (FKUI), Federasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FSBSI) serta Federasi Transportasi dan Angkutan (FTA).

Massa yang berjumlah sekitar 500 orang berkumpul di PT. Mapalus Makawanua Charcoal Industry menuju PT. Nutrindo Freshfood Internasional dan PT. Delta Pasific Indotuna. Kemudian massa menuju ke Kantor Walikota dan DPRD Kota Bitung untuk menyampaikan aspirasi.

Di dua lokasi tersebut para buruh menyampaikan 13 tuntutan, diantaranya penghapusan sistem outsourcing, pencabutan PP 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, penghentian penambahan armada baru khusus angkutan kota dan lain-lainnya.

Di Kantor Walikota Bitung, para pendemo ditemui oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Oktavianus Tumundo bersama Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Malton Andalangi serta Asisten III Bidang Administrasi Umum, Youke Senduk.

Tanggapan dari Pemkot Bitung melalui Asisten I, II dan III pada intinya menampung seluruh aspirasi para buruh dan akan dibahas dalam pertemuan berikutnya bersama pihak terkait untuk mencari solusi terbaik. Usai menyampaikan aspirasi di Kantor Walikota Bitung, para pendemo melanjutkan kegiatan serupa di Kantor DPRD Kota Bitung.

Jalannya unjuk rasa siang itu mendapatkan pengawalan dan pengamanan ketat dari personel Polres Bitung dan jajaran serta Kodim 1310 Kota Bitung. “Demo berlangsung dalam keadaan aman, tertib dan lancar,” singkat Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting melalui Kasubbag Humas, AKP Idris Musa.

Penulis: Rony
Editor: Umi Fadilah
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password