Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Polres Banyumas Gelar Simulasi Tanggap Bencana

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Bencana alam merupakan peristiwa yang tentu saja tidak diharapkan kehadiranya, meski begitu antisipasi dini terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam tetap harus di lakukan. Sebab bencana alam yang datang tanpa ada antisipasi bisa menimbulkan kerusakan/kerugian besar bahkan mampu merenggut korban jiwa.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kabag Ops Kompol Suranto, S.H menyadari akan datangnya bencana yang tidak bisa di uga-duga, oleh karena itu jajaran Polres Banyumas menggelar simulasi tanggap bencana, Rabu (26/4-2017).

WhatsApp Image 2017-04-27 at 00.13.49Dalam kesempatan yang sama Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum mengatakan bahwa simulasi tanggap bencana ini di gelar untuk menghadapi kondisi tanggap darurat akibat bencana alam yang mungkin saja terjadi di Banyumas.

“Jadi ini salah satu bentuk kesiapan anggota Polres Banyumas dengan adanya simulasi diharapkan seluruh angota Polres Banyumas memiliki kemampuan dan siap memberikan pertolongan bila sewaktu-waktu terjadi musibah atau bencana.

“Siap dalam arti sudah sudah siap untuk berbuat apa, sehingga tidak bingung di lapangan karena itu diperlukan simulasi.”, tegas Kapolres.

Menolong korban bencana alam tidak bisa dilakukan sembarangan/asal-asalan ada teknis dan prosedurnya, karena itu anggota perlu mengasah ketrampilan sesuai bidang tugasnya secara berkelanjutan. “Pelatihan ini tidak dilakukan sekali saja, tetapi akan di tindaklanjuti dan terus di evaluasi, lakukan koreksi, apa kekuranganya atau mana yang perlu kita latihkan lagi.”, lanjut Kapolres.

“Pelatihan lainya, contoh bagaimana menolong korban dan bagaimana cara mengevakuasi orang banyak pada saat tanggap darurat, pelatihan selanjutnya akan lebih terencana dan mengakomodasi semua yang di perlukan pada saat tanggap darurat.”, pungkas Kapolres.

Penulis : Sukiyah

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password