Aiptu Darmawan Prihandoko Dirikan Mushala untuk Menggugah Kemandirian

Tribratanews.go.id – Poldajatim Pengabdian kepada masyarakat bisa dimulai dari bidang apapun. Demikian kata Aiptu Darmawan Prihandoko, Kanit Binmas Satpol Airud Polres Banyuwangi saat beberapa waktu lalu.

Di sela mengajar santri binaannya, Darmawan menjelaskan ihwal pendirian mushola yang kini menjadi tempat aktifitas keagamaan masyarakat kampung Wonosari.

Diawali ketiadaan musholla di daerah Wonosari Kelurahan Sobo Kota Banyuwangi. Serta waktu luang anak-anak kampung saat sore tanpa aktifitas positif.

Darmawan menambahkan, pendirian mushala Al-Ilham di kampung Wonosari ini sudah menjadi niat dan rencana bersama sang istri sejak 2010.

Keduanya kala itu memutuskan untuk menunda kepergian umroh ke tanah suci dan menggantinya dengan membangun musholla.

Semua dana ditumpahkan untuk pembelian tanah dan mendirikan bangunan. Sementara kebutuhan operasional dari gaji masing-masing sebagai anggota Polri.

“Dengan berprofesi sebagai buruh, asisten rumah tangga, petambak kecil-kecilan dan nelayan dengan perahu sederhana, praktis dengan keterbatasan yang ada hampir tidak ada waktu bagi orang tua untuk mengajarkan agama kepada putra putri mereka. Hal inilah yang membuat kami memutuskan untuk membuat Taman Pendidikan Alquran (TPQ) bagi mereka,” tegas polisi yang berdinas di Pelabuhan Ketapang ini.

Jumah santri yang awalnya hanya berjumlah 3 orang berkembang menjadi sekitar 43 orang dengan jumlah pengajar 2 orang.

Darmawan menjelaskan bahwa aktifitas keagamaan ini mendapat dukungan penuh dari semua lini. Tak hanya dari kerabat serta teman. Dukungan juga datang dari institusi kepolisian, yang memberikan kelonggaran waktu di sela pekerjaan untuk bisa mengajar di sore hari.

“Tujuan kami pribadi hanyalah agar masyarakat bisa tergugah pola pikir dan tindakan sebagai bagian dari keinginan untuk mandiri dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas keadaan,” tutur penyuka olahraga jogging ini.

Evi Susianti (26), guru pengajar TPQ yang merupakan warga asli Wonosari menyampaikan terima kasih kepada  Darmawan dan istrinya.

Keduanya telah sudi membangun mushola dan mengajar mengaji untuk anak-anak serta pengajian untuk ibu-ibu sekitar kampung.

“Walaupun anak-anaknya bandel, tetapi kemauan untuk belajar mereka begitu tinggi. Terbukti bahwa semakin hari semakin banyak anak-anak yang mau mengaji di mushola,” ujar wanita yang telah mengajar hampir 3 tahun ini.

Evi berharap semua pihak yang terlibat diberikan kesehatan yang baik sehingga bisa terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Wonosari.

Penulis     :Dedy

Editor       :Umi Fadhilah

Publish     :M.Sholeh

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password