Kaur Binmas : Rapat Koordinasi Antisipasi Paham Radikalisme Menjelang Ramadhan

Untitled-1

Tribratanews.polri.go.id. Polda Papua, Polres jayapura Kota – Kepolisian Resor Jayapura Kota melalui (KBO) Kepala bidang Operasional Binmas Jayapura kota menghadiri rapat kordinasi dalam rangka membahas antisipasi paham radikalisme yang berlangsung di ruang rapat kantor Masjid Raya Baitul Rahim Jl. Ahmad Yani Kelurahan Gurabesi Distrik Jayapura Utara, Selasa (25/04/17).

Dalam pelaksanaan rapat kordinasi tersebut membahas tentang antisipasi paham radikalisme yang diprakarsai oleh Pengurus mesjid Raya Baitul Rahim Kota Jayapura yang bertujuan guna memupuk persatuan dan kesatuan NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia ) di Provinsi Papua kususnya pada masyarakat wilayah Kota Jayapura.

“Mengingat kota Jayapura beragam suku dan agama yang majemuk dan tidak menutup kemungkinan mudah untuk disusupi oleh paham-paham radikal sehingga dapat mengganggu suasana kerukunan umat di kota Jayapura” ungkap Kaur Binmas

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut adalah dari beberapa perwakilan elemen masyarakat antara lain dari Pembinaan Mental (Bintal) Kodam XVII Cendrawasih Mayor Hamzah, Ketua Nahdatul Ulama Kota Jayapura Kahar Yelepele, Tokoh Agama KH. Ridwan, S.Sos dan Binmas Polres Jayapura Kota Ipda Abd.Hariri serta Pengurus Masjid Raya Baitul Rahim Kota Jayapura.

Dalam kesempatan tersebut Bintaldam Mayor Kahar memberikan arahan antara lain dalam menghadapi bulan ramadhan yang dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei mendatang pada setiap mesjid akan diberikan arahan tentang orang – orang asing yang akan memberikan ceramah agar tidak menimbulkan paham radikalisme.

Selain itu Ketua NU Kota Jayapura dalam arahannya menekankan bahwa NU Kota Jayapura dan jajaran bersedia untuk membantu aparat keamanan dalam menjaga kamtibmas dengan antisipasi dan berupaya semaksimal mungkin melakukan pengawas dan kontrol terhadap setiap penceramah maupun kelompok yang hendak melakukan aktifitas keagamaan selama bulan ramadhan berlangsung.

Pada kesempatan yang sama Kaurbinops Binmas  Polres Jayapura Kota Ipda Abd.Hariri juga memberikan arahan kamtibmas kepada pengurus mesjid raya dan Ketua NU Kota Jayapura apabila selama pelaksanaan ibadah Ramadhan berlangsung dan terdapat hal-hal maupun kegiatan warga yang bertentangan dengan syariat agama serta meresahkan masyrakat agar kiranya dapat melapor kepada kepolisian terdekat untuk dilakukan langkah-langkah pencegahan maupun tindakan kepolisian dan jangan bertindak sendiri-sendiri, hingga akan berdampak pada gangguan kamtibmas.

Penulis                 : Fajar Surya Irianto
Editor                    : Umi Fadilah
Publish                 : Fajar Surya Irianto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password