Wapres RI Jusuf Kalla Berikan Kuliah Umum di IAIN Manado

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Usai membuka acara Pekan Kerukunan Nasional di Hotel Peninsula Manado, Wakil Presiden RI Bapak Hi. M. Husuf Kalla memberikan kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Manado, yang terletak di Jalan Ring Road, Perkamil Manado, Minggu (23/4/2017).

Wapres menyebut bahwa saat ini ada 50 Institut Agama Islam Negeri yang tersebar di seluruh Indonesia. Itu artinya dalam 5 juta penduduk terdapat 1 lembaga Pendidikan Tinggi Islam. “Kenapa itu dibutuhkan, karena Islam itu mengikuti jaman, Islam di Indonesia itu moderat dimana dapat hidup berdampingan dengan agama yang lain,” tegas Wapres.

Beliau juga menilai untuk belajar agama Islam tidak perlu jauh-jauh, di Indonesia ada tempatnya yaitu IAIN. Oleh karena itu menurut Wapres mutunya harus ditingkatkan lebih baik. “Dibutuhkan suasana keilmuan dan suasana pembelajaran yang lebih baik,” tegasnya.

Wapres juga menilai hubungan antar agama di Sulut sangat baik, meski Sulut diapit oleh daerah konflik namun semua itu Alhamdulillah tidak terjadi di Sulut.

Oleh karena itu beliau mengingatkan kepada semua agar selalu menghormati perbedaan. “Jangan perbedaan menimbulkan kebencian, dan kita harus mengembangkan persamaan-persamaan,” tegasnya.

Sementara itu Rektor IAIN Rufina Hunibala sangat mengapresiasi kedatangan Wapres bersama Ibu di kampusnya. Menurutnya, kunjungan Wapres ini merupakan perdana semenjak Kampus IAIN ini berdiri

Dijelaskannya, cikal bakal IAIN Manado adalah IAIN Sulut yang berkembang menjadi Fakultas Syariah IAIN Alauddin Makassar dan bertransformasi menjadi STAIN tahun 1997 dan kembali menjadi IAIN Manado tahun 2014 hingga saat ini. Kini IAIN Manado memiliki 17 program studi yang tersebar di 4 fakultas.

Baca juga : Wapres RI Jusuf Kalla Resmi Buka Pekan Kerukunan Nasional 2017 di Sulut

Kedatangan Wapres ke IAIN Manado juga meresmikan Mesjid Al Jamiah Kampus IAIN yang terletak di pintu masuk Kampus. Usai peresmian mesjid Kampus IAIN, Wapres RI bersama rombongan kembali bertolak menuju Jakarta

Baca juga : Tiba di Sulut, Wapres RI Disambut Menkumham dan Forkopimda

Kunjungan Wapres di IAIN kali ini juga didampingi oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Forkopimda lainnya diantaranya Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Bambang Waskito, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito dan sejumlah pejabat Sulut lainnya.

Penulis: Pri
Editor: Umi Fadillah
Publish: Pri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password