Hari Kartini di Lampung : Waka Polres Tanggamus Hadiri Upacara Peringatan Hari Kartini

IMG_20170421_21786

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Mewakili Kapolres Tanggamus, AKBP Alfis Suhaili, S.Ik., M.Si., Waka Polres Kompol M.Budhi Setyadi, S.Ik., MM., menghadiri upacara pada peringatan Hari Kartini, Hari Hansip/Linmas dan Hari Otonomi Daerah di Lapangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Jum’at (21/4/17) pagi.

Pembina upacara, Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M.Pd.I dalam sambutan, menyampaikan amanatnya Kehadiran Hansip di Indonesia bersamaan dengan peristiwa perang kemerdekaan. Hansip dibentuk atas dasar kehendak rakyat, dengan cara ikut berpartisipasi  aktif membantu angkatan perang melalui pertahanan garis belakang, dalam bentuk penyelenggaraan keamanan rakyat. Setelah berakhirnya perang kemerdekaan, secara formil pada tanggal 19 April 1962 Organisasi Hansip dibentuk diseluruh wilayah Republik Indonesia.

Wakapolres Tanggamus Kompol M.Budhi Setyadi, S.Ik., MM., mengadiri upacara peringatan hari kartini.
Wakapolres Tanggamus Kompol M.Budhi Setyadi, S.Ik., MM., mengadiri upacara peringatan hari kartini.

“Tujuan pembentukan Hansip, sebagai wadah yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan, pemerintahan, penanggulangan bencana dan pengungsi. Hansip sejak tahun 2002 telah berganti nama menjadi Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang fungsinya lebih kearah perlindungan masyarakat dan penanggulangan bencana” kata Hi. Samsul Hadi.

Tepat hari ini juga merupakan hari yang istimewa bagi pergerakan emansipasi wanita, karen pada 21 April 1879 yang lalu, telah lahir pejuang emansipasi wanita Indonesia yakni R.A. Kartini. Seperti yang kita ketahui dan kita rasakan bersama bahwa perjuanagan R.A. Kartini dalam mengangkat derajat kkaum wanita indonesia agar dapat sederajat dengan kaum pria, sungguh besar perjuangan dan api semangat R.A.Kartini ini membuahkan hasil yang sedemikian besar artinya bagi wanita Indonesia pada ssat ini dan waktu yang akan datang.

Melalui Peringatan Hari Kartini ini Wakil Bupati mengajak kepada para wanita di Tanggamus, untuk berusaha menjadi wanita dan ibu yang sehat. Tingkatkan kualitas keluarga melalui generasi sehat, lakukan introspeksi, bebrbenah dan memperbaiki kualitas diri guna berbuat yang terbaik buat keluarga.

“Untuk meningkatkankualitas keluarga melalui generasi sehat adalah dengan cara perkawinan yang sah,kondisikeluarga yang memiliki kemampuanhidup mandiri, sejahtera, berwawasan kedepan, hidup harmonis, memiliki jumlah angka yang ideal, bertanggung jawab dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa” terangnya

Beberapa masalah yang dialami perempuan yang harus segera ditangani dan mendapat perhatian serius yaitu : Bentuk kekerasan terhadap perempuan, perdagangan orang dan ekspolitasi seksual, praktek perkawinan dini dan paksa, rendahnya pekerjaaan mengasuh dan pekerjaaan rumah tangga, seperti pekerja rumah tangga yang kerap tidak dibayar diperbudak dengan jam kerja panjang, tidak mendapat libur, mengalami kekerasan fisik bahkan berujung pada kematian serta masih tingginya angka kematian ibu melahirkan.

Selanjutnya Hari Otonomi Daerah ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996,.Berdasrkan Kepres tersebut, tanggal 25 April menjadi Hari Otonomi Daerah, tetapi Hari Otonomi Daerah bukan hari libur. Otonomi daerah memberikan ruang yang labih luas untuk merespon kebutuhan dan kehendak rakyat di daerah. Otonomi daerah juga mendekatkan pelayanan publik kepada rakyatserta memberikan ruang partisipasi rakyat dan demokrasi yang lebih luas sebagai sarana kaderisasi calon-calon Pemimpin,baik tingkat kota kabupaten provinsi maupun tingkat nasional, mendorong inovasi sesaui dengan karakter sosial ekonomi dan budaya masing-masing daerah.

Disela-sela upacara juga  diberikan secara simbolis peneyerahan Santunan BPJS Ketenagakerjaan dan Kartu Anggota BPJS Ketenakerjaan kepada Tenaga kerja Sukarela dilingkungan Pemkab Tanggamus oleh Wakil Bupati Tanggamus dan penyerahan sertifikat kepesertaan BPJS ketenagakerjaan dari Kepala BPJS Kepada Wakil Bupati Tanggamus.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan  Paksi Marga, Asisten III Firman Rani, Forkopimda, SKPD terkait, Wakil Ketua TP PKK Hj. Af’illah,S.Pd.I, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus, Para Camat, dan seluruh pegawai karyawan karyawati di lingkup Pemkab Tanggamus. (*)

Penulis  : N.Muslih/Hms Pemkab
Editor     : Umi Fadilah
Publish  : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password