Sosialisasi Bahaya Penyakit Leptospirosis di Polres Jayapura

Tribaratanews.polri.go.id Polda Papua, Sentani – Anggota Polres Jayapura menerima Sosialisasi bahaya penyakit Leptospirosis atau yang dikenal dengan kencing tikus dari Ikatan Mahasiswa Pemuda Indonesia Timur (IMPIT) di aula Polres Jayapura, Jumat (21/4/2017) pagi.

Kegiatan dengan Pembawa materi Rafli Sipera dan moderator Ibu Hasnawia ini diikuti oleh anggota Polres Jayapura sebanyak 50 personil.

Rafli Sipera menyampaikan, penyakit leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri leptospira, yaitu bakteri organisme yang hidup diperairan air tawar, tanah basah, lumpur dan tumbuh-tumbuhan yang dapat menyebar melalui banjir sehingga dapat menyerang manusia.

“Manusia hanya bisa terinfeksi bakteri leptospira melalui dua cara diantaranya kontak dengan air, tanah atau makanan yang telah dikotori oleh air seni hewan tikus,” pungkasnya.

Jelasnya lagi, gejala-gelaja penderita penyakit leptospirosis yaitu deman tinggi-menggigil, sakit kepala-muntah, malayse/3L, mialgia/nyeri otot dan konjungtivitas.

Sementara itu, Kabag Sumda Kompol Iip Syarif Hidayat.SH mengatakatan kegiatan sosialisasi ini sangat penting karena ini jenis penyakit baru sehingga para anggota Polres Jayapura mengetahui apa itu penyakit leptospirosis dan mengetahui sebab akibat dan gejala-gejala seseorang yang mengidap penyakit tersebut.

“Agar kedepannya kita bisa mencegah bersama penyakit yang disebabkan oleh kencing tikus ini,” kata Kabag Sumda selaku koordinator penyelenggara.

Penulis      : Andi
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  :  Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password