Jaga Kebugaran Tubuh, Kapolres Sinjai Pimpin Personil Olah Raga Bersama

Tribratanews.polri.go.id – Sinjai Sulsel, Kapolres Sinjai AKBP Agus Dwi Hermawan pimpin personil melaksanakan olah raga bersama pagi hari, Jum’at (21/04/17) pukul 07.30 wita.

Kegiatan pelaksanaan olah raga dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok pertama yang masuk golongan satu dan dua dipimpin langsung oleh Kapolres Sinjai, dengan olah raga lari keliling Kota Sinjai dan untuk personil yang masuk golongan tiga dan empat dipimpin oleh Wakapolres Sinjai Kompol H. Abd. Rauf, S.Sos.,M.M dengan olah raga jalan santai keliling Kota Sinjai.

Kapolres Sinjai mengatakan bahwa kegiatan olah raga untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat bugar, dan selain untuk membugarkan tubuh menjadi lebih sehat, kegiatan tersebut juga untuk menjalin kekompakan antar sesama anggota dengan pimpinan.

“Kegiatan olah raga bersama di Polres Sinjai rutin dilaksanakan setiap hari Jum’at, Meskipun ditengah-tengah kesibukan bertugas, anggota tetap perlu meluangkan waktu untuk berolah raga demi kesehatan,” ujar Kapolres Sinjai.

Lanjut Kapolres Sinjai, berolah raga demi kesehatan diri pribadi masing-masing personil sangatlah penting, Sehingga bagi yang saat ini belum mengikuti lain kali harus mengikutinya, dan diharapkan setiap personil meluangkan waktunya setiap hari minimal setiap selesai  Sholat Shubuh melaksanakan olah raga sebelum masuk kantor, agar tubuh personil tetap bugar dalam melaksanakan tugas rutin.

“Sehat itu murah, yang mahal itu kalau sakit. Maka anggota jangan malas untuk berolah raga,” ungkap Kapolres Sinjai.

Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Pentingnya olahraga bagi tubuh dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan/digerakkan. Lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak/bekerja.

Demikian pula tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik. Berikut beberapa manfaat berolahraga.

-Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Olahraga yang dilakukan dengan teratur, akan meningkatkan fungsi hormon-hormon dalam tubuh di mana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

-Meningkatkan Fungsi Otak

Keteraturan dalam berolahraga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan. Dengan olahraga, jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak. Hal tersebutlah yang berperan dalam meningkatkan fungsi otak.

-Mengurangi Stres

Stres dapat terjadi pada siapa saja. Dengan olahraga, seseorang dapat dibantu untuk mengatasi emosinya dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres yang ada.

Teorinya, olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak. Sebagai responsnya maka otak akan melepaskan banyak hormon termasuk endorphin dan neurotransmitter yang bisa mempengaruhi suasana hati.

-Menurunkan Kolesterol

Saat olahraga, tubuh bergerak dan membantu tubuh membakar kalori yang ada sehingga menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja. Hal tersebut juga membantu tubuh mengurangi tertimbunnya lemak dalam tubuh.

Semua jenis olahraga sebenarnya baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi kolesterol asalkan dilakukan dengan disiplin dan teratur sehingga membantu otot-otot tubuh terlatih dan bekerja dengan baik.

Yang penting diingat, olahraga yang teratur juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan yang baik,tidak merokok, dan cukup istirahat.

Disarankan kurang lebih 3 kali dalam seminggu dalam hari yang tidak berurutan untuk melakukan olahraga untuk membantu agar otot-otot pulih dan tidak terlalu berat beraktivitas. Karena jika berlebihan, olahraga yang bermanfaat bagi tubuh malah dapat meningkatkan resiko cedera.

Untuk usia lanjut, olahraga yang disarankan adalah olahraga yang tidak memaksa kekuatan otot tetapi melatih otot tetap aktif misalnya berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari, 3 kali seminggu.

Yang pasti, pilihlah olahraga yang sesuai keadaan tubuh, gunakan pakaian olahraga yang tepat-tidak ketat dan menyerap keringat, dan jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan dengan benar agar tubuh tidak terlalu kaget karena aktivitas olahraga.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password