Dialog Polisi – Warga: Mewujudkan Keamanan Terpercaya

Tribratanews.polri.go.id. – Baru-baru ini berlangsung dialog produktif antara polisi dengan warga. Pertemuan ini terjadi setelah perbincangan informal antara salah seorang warga dengan Kapolsek Sukmajaya secara tatap muka maupun melalui telepon serta percakapan lewat telepon dengan Kapolres Depok, membahas kejadian tindak kejahatan pencurian rumah kosong di wilayah RW 05, Kalibaru, Cilodong, maka Kapolres Depok, Kombes Pol Herry Heryawan, SIK, MH. mengemukakan idenya perlu ada pertemuan antara polisi dengan masyarakat dalam rangka mewujudkan keamanan lingkungan yang terpercaya.

Pertemuan tersebut terselenggara pada hari Kamis, 13 April 2017, mulai pukul 20.00 sd 23.30 di rumah salah seorang warga, di RW O5.

Pertemuan berlangsung sangat hangat. Peserta dari masyarakat menyampaikan berbagai persoalan Kamtibmas yang masih mengusik di wilayah RW 05 tersebut, mulai dari masih terjadinya pencurian motor hingga pembongkaran rumah kosong, yang ditinggalkan sementara oleh penghuni karena urusan keluarga atau urusan sesuatu hal.

Menurut catatan salah seorang polisi, peserta pertemuan, acara tersebut dihadiri oleh aparat polisi dari Polsek Sukmajaya dan Polres Depok, antara lain BPK Kompol I G Broner, Kapolsek Sukmajaya beserta Kanit Binmas AKP Amat Sodikun. Acara tersebut juga dihadiri Wakasat Binmas Polres Depok AKP Rahmaningtyas,SH.

Pada pertemuan tersebut juga diselenggarakan kegiatan sosialisasi Halo Polisi dan Panic Buton guna mempermudah komunikasi antara warga masyarakat dengan petugas polisi yang terkait dengan upaya mewujudkan keamanan lingkungan.

Pada saat terjadi dialog interaktif, muncul berbagai pandangan dari masyarakat yang merupakan masukan berharga bagi kepolisian Resort Depok. Setidaknya ada dua hal yang sangat menarik perhatian peserta pertemuan.

Pertama, mengingat masih terjadi kejahatan pencurian di wilayah RW 05 tersebut, perlu dilakukan kerjasama masyarakat dengan kepolisian Polsek Sukmajaya, Depok, untuk menekan sekecil mungkin tindak kejahatan atau bila memungkinkan meniadakan sama sekali dengan menghidupkan kembali Siskamling dengan membentuk Satpam dari biaya iuran seluruh warga yang tentunya di bawah koordinasi dan pengawasan dari Kepolisian Sektor Sukmajaya dan aparat pemerintah setempat.

Kedua, diusulkan agar dilakukan zonanisasi (pemetaan) berdasarkan gradasi tingkat kejahatan dengan memberi label tertentu seperti “merah” untuk tingkat kejahatan yang tinggi, “kuning” untuk sedang dan “hijau” untuk yang aman.

Berdasarkan zonanisasi tersebut, diusulkan agar pihak kepolisian melakukan patroli, pengintaian, dan pencarian informasi pergerakan para pelaku kejahatan di wilayah RW 05 tersebut.

Misalnya, bagi wilayah “merah” ditetapkan sebagai strong point bagi program polisi, seperti meningkatkan frekuensi dan kualitas patroli di wilayah zona “merah” sampai daerah yang bersangkutan dinyatakan benar-benar aman.

Pada kesempatan itu Wakasat Binmas Polres Depok, AKP Rahmaningtyas,SH. meminta dengan sungguh-sungguh, apabila ada informasi agar disampaikan ke petugas kepolisian, bisa melalui “Halo Polisi” agar lebih cepat mendapat respon dari petugas polisi di lapangan.

Penulis: Direktur Eksekutif – EmrusCorner – Emrus Sihombing
Editor: Umi Fadillah
publish: Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password