Pesawat yang Dikabarkan Hilang Kontak Ditemukan

tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Oksibil – Sekitar pukul 11.44 Wit pesawat terbang dari Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel tujuan Oksibil kabupaten Pegunungan Bintang yang dipiloti Kompol Rio Pasaribu dengan membawa sembako hilang kontak, Rabu (12/04/2017).

Pada pukul 12.40 Wit personel ATC Oksibil mendapat info dari flight following SAS di Jakarta bahwa pesawat PK-FSO menunjukkan signal SOS pada flight tracker di koordinat 04 48′ 47.7″ S 140 39′ 31.7″ E.

Upaya pencarian informasi posisi pesawat PK-FSO dikoordinasikan antara personel ATC di Oksibil dan personel ATC di Tanah Merah namun tidak mendapatkan hasil.

Pesawat SAS jenis DHC-6 yang berangkat dari Oksibil ke Sentani sempat melakukan searching di area Koordinat pada ketinggian 8500ft namun tidak dapat melihat ke bawah karena kondisi tertutup awan.

Kemudian Personel ATC di Jayapura meminta bantuan untuk searching di area koordinat yang dilaporkan kepada Pesawat Trigana TGN255 yang dalam penerbangan rute Jayapura ke Oksibil. Diduga pesawat hilang kontak disekitar lokasi koordinat pesawat PK-FSO yang dilaporkan berada pada jarak 10,742 Km utara dari Oksibil.

Hingga akhirnya pukul 15.00 Wit diperoleh info dari Kepala Kampung Kubibkop yang memberikan informasi kepada pilot Henni (AMA), bahwa pesawat tersebut ditemukan di daerah Kampung Kubibkop bukit Anem dengan ketinggian 6400 kaki, Distrik Oklip Kabupaten Pegunungan Bintang.

Polres Pegunungan Bintang kemudian melakukan koordinasi dengan pihak TNI, Perhubungan dan Airnaw Pilot Henin (AMA) menuju TKP dengan menggunakan pesawat.

Selain 1 Pleton personil Polres Pegunungan Bintang dipimpin Ipda Berti Kendek dan 1 pleton TNI dari Pamtas 700, Kopassus, Koramil yang dipimpin Kapt. Inf. Iwan Sunarya serta Dinas Perhubungan dipimpin oleh Kadishub menuju lokasi melalui jalur darat.

Penulis      : M Iqbal
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password