Polisi Amankan Misa Pemuka Agama Katolik se Lampung di Pringsewu

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus.  Kepolisian Resor Tanggamus melakukan pengamanan jalannya misa Pembaharuan Janji Imamat dan Pemberkatan Minyak Suci di Gereja Santo Yusup Pringsewu, Selasa (11/4/17)

Kegiatan dilaksanakan pukul 17.00 -18.30 Wib dipimpin oleh Uskup Keuskupan Tanjung Karang Mgr Yohane Harun Yuwono, hadir sebanyak 70 pastur dari se Provinsi Lampung.

Rombongan pastur memasuki gereja.
Rombongan pastur memasuki gereja.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops).Polres Tanggamus Kompol Aditya Kurniawan, S.Ik., mengatakan, pengamanan kegiatan dilaksanakan secara terbuka dan tertutup dengan melibatkan 100 personil, sebagai langkah mengantisipasi karena di Gereja Santo Yusup jemaatnya yang hadir sebanyak 3000-an orang, serta banyak pemuka agama Katolik yang hadir.

“Ada 70-an pastur se Provinsi Lampung ada juga yang dari luar Lampung,”ujarnya.

Lanjutnya, pengamanan ini bukan karena perkembagan isu terorisme. Sebab, menurut dia, sasaran terorisme saat ini adalah personil kepolisian. Dia mengungkapkan, banyaknya personil yang dilibatkan karena gereja tersebut banyak jalur kecil. Sehingga, banyak anggota Satuan Lalu Lintas yang dilibatkan. Ia mengatakan, pengamanan tersebut juga untuk menumbuhkan rasa aman dan khusuk.

Wakapolres Tanggamus Kompol M. Budhi Setyadi, S.Ik., MM., dan Kapolsek Pringsewu Kompol Maimun Karim bersama jajarannya, hadir dalam pengamanan.

Sementara itu, Mgr Yohanes Harun Yuwono mengatakan bahwa pembaharuan janji imamat ini dilaksanakan setiap tahun. “Supaya romo-romo itu disegarkan kembali semangatnya dan didorong kembali untuk tetap setia kepada Allah, setia kepada gereja, dan kepada umat melayani dengan baik,” katanya.

Pengudusan imam ini, menurut dia, dilaksanakan setiap tahun setelah minggu palma, para imamat melakukan rekoleksi dan pengakuan dosa. Pastur tetap setia pada panggilan imamat. (*)

Penulis  : N.Muslih/DI
Editor     : Umi Fadilah
Publish  : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password