Optimalkan Kinerja Kepolisian melalui Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Bhabinkamtibmas atau yang sering disingkat BKTM merupakan ujung tombak dari Polri dalam menciptakan situasi Kamtibmas kondusif di tingkat desa. Dalam pelaksanaannya seorang Bhabinkamtibmas dituntut open dan peka terhadap lingkungan desa binaannya. Pola pendekatan personal melalui door to door system dan temu tokoh masyarakat merupakan salah satu persyarakat mutlak yang harus dilakukan oleh seorang Bhabinkamtibmas. Pendekatan ini tentu saja tidak bisa dilakukan serta merta, namun membutuhkan keahlian dan skill mumpuni khususnya terkait dengan teknik komunikasi serta metode berbicara di depan publik yang handal.

Guna meningkatkan kemampuan perorangan para Bhabinkamtibmas jajarannya, Satbinmas Polres Trenggalek menggelar Asistensi dan pencerahan dengan tema optimalisasi tugas Bhabinkamtibmas dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas di Hall Hotel Jaas Permai Trenggalek, Selasa (11/04).

36b44d58-d5ee-4d2c-a048-37e43334119cAcara yang diikuti oleh 157 Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Trenggalek dan para Kapolsek jajaran ini dibuka langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si.

Dalam sambutannya, AKBP Donny menyampaikan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas jajarannya atas kontribusi yang diberikan dalam menjaga Kamtibmas di masing-masing desa binaan. Intensitas kegiatan Bhabinkamtibmas yang tinggi dan sangat beragam membuktikan Bhabinkamtibmas mampu berperan sebagai miniatur Polri di tengah masyarakat.

Masih kata AKBP Donny, Bhabinkamtibmas harus bisa berkolaborasi bersama unsur 3 pilar yakni kepala desa dan Babinsa untuk menjadi solutor, dinamisator dan stabilisator dilingkungan desa binaan.

“Jaga keharmonisan dengan 3 pilar. Selesaikan tiap permasalahan bersama-sama sehingga terjadi keselarasan kebijakan antar lembaga” jelas AKBP Donny.

Lebih lanjut Donny meminta agar para Bhabinkamtibmas yang hadir untuk memanfaatkan acara ini untuk saling berbagi ilmu dan berdiskusi antar sesama Bhabinkamtibmas. Bisa jadi permasalahan dan kendala yang dihadapi berbeda-beda. Jika ragu-ragu para Bhabinkamtibmas dipersilakan meminta petunjuk dan arahan kepada Kasatbinmas selaku pembina fungsi dan pengendali para Bhabinkamtibas.

Dalam acara tersebut, AKBP Donny juga melakukan pengecekan kendaraan dinas Bhabinkamtibmas yang telah diparkir rapi di halaman hotel. Satu persatu kendaraan roda dua dinas ini diperiksa dan diminta menghidupkan mesin serta lampu rotator.

“Kendaraan dinas ini diperuntukkan bagi Bhabinkamtibmas untuk mendukung mobilitas tugas yang diemban. Tolong dirawat baik-baik dan manfaatkan untuk kepentingan masyarakat”pesan AKBP Donny.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password