Polres Sinjai dan Polsek Jajaran Kawal dan Amankan Penditribusian Naskah Ujian Nasional

Tribratanews.polri.go.id – Sinjai Sulsel, Kepolisian Resor Sinjai melakukan pengawalan dan pengamanan pendistribusian naskah ujian nasional tingkat SMA sederajat ke wilayah ke kecamatan se Kabupaten Sinjai, yang sebelumnya disimpan di Mapolres Sinjai, pada hari Kamis pagi (06/04/2017) pukul 09.00 wita.

Dalam penyaluran naskah ujian Nasional di Polres Sinjai mendapatkan penjagaan ketat dari pihak Kepolisian, dan untuk pendistribusian ke wilayah ke kecamatan dikawal oleh personil Polsek sampai tempat penyimpanan selanjutnya.

Untuk selanjutnya Naskah Ujian Nasional tingkat SMA sederajat  akan disimpan di Polsek jajaran dan mendapatkan pengamanan dari pihak Polsek hingga kegiatan ujian nasional berakhir serta pengawalan hasil Ujian Nasional ke Diknas juga akan mendapatkan pengawalan Polisi.

Personil Polsek jajaran Polres Sinjai mengawal mobil pengangkut dokumen negara tersebut agar jangan sampai hilang dan terjadi kebocoran naskah ujian serta aman sampai tempat tujuan dan selanjutnya mengamankan tempat penyimpanan dokumen negara tersebut sampai selesai pelaksanaan ujian Nasional, dan hasil ujian di kawal ke Diknas, ujar Kapolres Sinjai Akbp H. Agus Dwi Hermawan, S.Ik, S.H., M.Kn.

Peran serta Kepolisian dalam hal menyukseskan kegiatan pendidikan, dibuktikan dengan mengamankan soal Ujian Nasional (UN) untuk SLTA/sederajat.

Bahkan bukan hanya pengamanan soal ujian, kegiatannya meliputi pengawalan, pendistribusian hingga penjagaan keamanan saat pelaksanaan Ujian Nasional.

Distribusi naskah ujian dimulai dari polsek dengan pengawalan langsung oleh Kapolsek bersangkutan dengan minimal dua anggota bersama pihak dinas pendidikan untuk mengambil soal-soal UN ke Mapolres.

Peran aktif kepolisian dalam mengawal dan mengamankan naskah ujian sangat penting agar naskah ujian tidak sampai bocor.

Selain mengamankan naskah dari kebocoran, aparat kepolisian juga mengantisipasi terjadinya kecurangan dan tindakan lain yang mengganggu pelaksanaan ujian nasional. Misalnya, peredaran pesan pendek berisi jawaban yang menyesatkan.

Berbeda denga tahun-tahun sebelumnya, Ujian Nasional tahun 2017 tidak diselenggarakan serentak. Hal itu dikarenakan ada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Karena itu, meski beberapa jadwal Ujian Nasional untuk satuan pendidikan bersamaan, waktu atau jam pengerjaannya tidak sama.

Berdasarkan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0043/P/BSNP/I/2017, secara umum bisa diringkas dalam beberapa hal. UNBK-UNKP untuk SMK/MAK dijadwalkan pada 3-6 April 2017,  UNBK-UNKP untuk SMA/MA pada 10-13 April 2017, sementara untuk SMP/MTs diselenggarakan pada 2-8 Mei 2017. Tercatat 28.380 sekolah yang sudah siap untuk selenggarakan UNBK.

Untuk pelaksanaan UNBK, setiap hari terjadwal satu mata pelajaran yang diujikan. Tapi ujian ini kemudian dibagi dalam 3 sesi perhari, dengan mata pelajaran yang sama.

Jadwal UNBK Utama SMK/MAK adalah Bahasa Indonesia (Senin, 3 April 2017), Matematika (Selasa, 4 April 2017), Bahasa Inggris (Rabu, 5 April 2017), dan Teori Kejuruan (Kamis, 6 April 2017).

Penulis : Apri

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password