Wakapolda DIY Turut Hadiri Peresmian Desa Budaya di Sentolo Kulonprogo

tribratanews.polri.go.id -JOGJA- Wakapolda DIY Kombes Pol Drs. Teguh Sarwono, M.Si., menghadiri acara launching Desa Budaya di Sendang Kamulyan, Taruban, Tuksono, Sentolo Kulonprogo, Rabu (5/4/2017). Desa Budaya yang diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X ini diawali penampilan tarian dan berbagai kesenian lokal. Acara peresmian 56 Desa Budaya di DIY tersebut ditandai dengan membunyikan alat keprekan (alat yang terbuat dari bambu, biasa digunakan oleh petani).

Seperti dikutip dari harian KR edisi (5/4), Gubernur DIY dalam sambutannya menyampaikan untuk menjadi Desa Budaya harus memiliki kualifikasi tertentu dan persyaratan yang tidak mudah. Dan Sri Sultan HB X optimis, desa budaya akan tumbuh berkembang menjadi kekuatan baru di tiap Desa Budaya.

“Persyaratan sebagai desa budaya tidaklah gampang, mereka yang sudah menyandang status desa budaya dianggap memiliki potensi, baik desa dan manusianya,” ujarnya.

Pejabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono dalam sambutannya menjelaskan bahwa peresmian desa budaya Tuksono sekaligus meresmikan 56 Desa Budaya di DIY, 15 diantaranya adalah desa yang berada di Kulonprogo dengan 30 Pendamping dan 3 orang tim monitor,” jelasnya.

Budi Antono kembali menjelaskan bahwa dengan dilaunchingya 15 desa di Kulon Progo yang didaulat sebagai desa budaya membawa arti tersendiri bagi Pemkab Kulonprogo serta masyarakat Kulonprogo untuk lebih meningkatkan kualitas demi kesejahteraan warga desa.

“Selain 15 desa budaya, Kulon Progo juga memliki 11 rintisan desa budaya serta 62 kantong budaya,” pungkasnya.

penulis : Bium
editor : Umi Fadilah
publish : jay
sumber : KR-TB Kulonprogo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password