Bersama Bupati dan Dandim, Kapolres Datangi Warga Terdampak Banjir Bandang

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, SH, SIK, M.Si bersama Bupati Bojonegoro Drs. H. Suyoto dan Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf. M. Harry Subagyo datangi warga di Desa Napis Kecamatan Tambakrejo yang terdampak banjir bandang luapan dari sungai Tempuran yang ada di Desa Napis tersebut pada hari Selasa (04/04/2017) sekira pukul 13.00 WIB. Ketiga pimpinan yang ada di Kabupaten Bojonegoro tersebut, saat mengunjungi desa terdampak kompak menggunakan motor trail kebanggaannya.

Kapolres bojonegoro akbp wahyu s bintoroDari 2 Desa yaitu Desa Napis dan Desa Jawik yang terdampak luapan sungai Tempuran, Desa Napis yang memiliki dampak paling para. Sedikitnya ada 2 rumah warga yang roboh terseret aliran sungai yaitu milik Mbah Rasti dan Mbah Kaminah, sedangkan 59 rumah terendam banjir kira-kira setinggi 60 cm. Selain berdampak pada rumah, beberapa hewan ternak serta perabot rumah tangga milik warga juga hilang tersapu oleh derasnya aliran air sungai yang menimpa desa tersebut yang jika dihitung jumlah keseluruhannya berkisar Rp 273.500.000,-

“Sedangkan Desa Jawik hanya sebanyak 54 rumah milik warga yang terendam air”, ucap Kapolres saat berada langsung di lokasi musibah.

Kapolres bojonegoro akbp wahyu s bintoroSaat melihat kondisi langsung rumah Mbah Rasti yang hanya tinggal seorang diri dirumahnya yang hanya tinggal puing-puing bekas kayu kerangka rumahnya, ketiga pimpinan daerah tersebut langsung memerintahkan Perangkat Desa yang ada dibantu dengan Polsek Tambakrejo untuk segera mendata serta melaporkan musibah tersebut guna cepat mendapatkan bantuan dan ganti rugi atas musibah banjir bandang tersebut.

“Segera ya pak lurah rumah ibu Rasti ini di laporkan untuk bisa mendapatkan ganti rugi”, perintah Bupati kepada Kepala Desa dan perangkatnya yang juga hadir mendampingi kunjungan tersebut.

Sementara itu, Mbah Rasri yang rumahnya rubuh dan tinggal puing-puingnya saja, dengan wajah yang sedih dan sedikit berkaca-kaca Mbah Rasti menceritakan apa yang terjadi malam sebelumnya serta dengan mulut Mbah Rasti yang sedikit terbata-bata mengucapkan rasa terima kasihnya atas kunjungan serta bantuan dari Kapolres beserta rombongan.

“Matur suwun (baca: terima kasih)”, hanya itu saja yang dapat dilontarkan dari mulut Mbah Rasti.

Kapolres Bojonegoro yang juga melihat langsung kondisi rumah Mbah Rasti langsung memberikan santunan kepada Mbah Rasti serta memberikan dorongan moril untuk tetap sabar menerima musibah yang terjadi kepadanya.

“Ingkang sabar njeh mbah, niki wonten pak bupati ingkang langsung mirsani dateng mriki (baca: yang sabar ya mbak, ini ada bupati yang hadir untuk melihat disini”, ucap Kapolres sambil memberikan sedikit santunan kepada Mbah Rasti.

Setelah meninjau rumah warga yang terdampak, rombongan juga melihat langsung jembatan yang ada di dusun sebelah ambrol tersapu banjir bandang. Kemudian rombongan melanjutkan adventure trailnya dengan melewati pedesaan guna melihat lansung kondisi pembangunan di desa yang dilewati rombongan hingga kembali ke Kota Bojoengoro sekira pukul 17.00 WIB rombongan tiba di rumah masing-masing.

 

Penulis : Yudie
Editor : Umi Fadilah
Publish : jokosembung

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password