Mengenal Sosok Bripda Ayu, salah Satu Polwan Polres Trenggalek yang Dikenal Aktif dan Cerdas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Langkah preemtif berupa penyuluhan masyarakat merupakan upaya yang terus dilakukan secara kontinyu. Penyuluhan bisa dilakukan dengan bermacam cara. Face to face individu maupun kelompok lumrah dilaksanakan oleh beberapa satuan fungsi Kepolisian.

Pun demikian dengan Unit Dikyasa jajaran Satlantas Polres Trenggalek. Tiap kesempatan yang ada kerap dimanfaatkan sebagai media penyuluhan dan pembinaan kesadaran berlalu lintas.

Bripda Ayu, salah satu personel Unit Dikyasa Satlantas Polres Trenggalek memilih radio sebagai media penyuluhan. Ia beranggapan bahwa geografis Kabupaten Trenggalek yang didominasi bukit dan pegunungan serta medan yang cukup berat merupakan salah satu kendala apabila menggunakan penyuluhan tatap muka.

“Radio bisa menjangkau sampai pelosok wilayah, jadi lebih efektif”, jelas Bripda Ayu.

Meskipun awalnya agak gugup harus berbicara di depan microfone dan didengarkan oleh banyak masyarakat, perlahan-lahan Bripda Ayu mulai terbiasa.

Saat ditemui usai cuap-cuap di Radio Praja Angkasa Trenggalek, Bripda Ayu menuturkan, ia selalu mempersiapkan diri sehari sebelumnya tentang materi yang akan dibawakannya. Dengan menguasai materi, ia merasa lebih pede menjelaskan kepada masyarakat tentang hal ikhwal tertib berlalu lintas.

“Temanya ditentukan dulu mau bahas apa, setelah itu ya membaca aturan-aturan yang ada jadi ada kesinambungan antara kondisi saat ini dengan bahasan”, ucap Bripda Ayu.

Meskipun sudah terbiasa, bukan berarti tidak ada kendala. Sering kali Bripda Ayu harus berhadapan dengan masyarakat yang menanyakan sesuatu yang diluar bidang tugasnya.

“Kadang-kadang saat acara interaktif dengan masyarakat suka banyak yang tanya diluar konteks bahasan. Saya kan bidang lalu lintas tapi yang ditanyakan tentang proses penyidikan atau hal lain. Awalnya bingung, tapi sekarang sudah mulai terbiasa. Mau tidak mau harus banyak belajar dan membaca”, pungkas Bripda Ayu.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password