Unjuk Rasa di Solo : Polsek Pasar Kliwon Surakarta Mengamankan Aksi Damai Hentikan Pabrik Semen di Kendeng

IMG-20170327-WA0088

Tribratanews.polri.go.id..Polresta Surakarta. Kapolsek Pasar Kliwon AKP Suwandi hari Senin 27/3/2017 pukul 17.00 wib – slsai Memimpin pengamanan Aksi Unjuk Rasa di Bundaran Gladak. Aksi Damai dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia ( GMNI ) Kota Surakarta, dalam rangka memperingati hari lahir GMNI ke 63 Tahun dengan mengambil tema ” Hentikan pembangunan Pabrik Semen di Kendeng Rembang ” adapun sebagai Korlapnya Sdr. Edo Johan Pratama dan diikuti peserta sekitar 20 orang.
Dalam Aksi ini GMNI Kota Surakarta menyampaikan beberapa tuntutan antara lain : Menuntut penghentian prmbangunan pabrik semen secara permanen. Menuntut agar Gubernur Jateng mrncabut surat ijin lingkungan untuk PT. Semen Indonesia bernomor 660.1 / 6 Tahun 2017. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sudah lupa akan ajaran Trisakti Bung Karno dengan mencoba mengorbankan kaum petani demi pembangunan pabrik. Maka dari itu GMNI mendesak Ganjar Pranowo untuk kembali lagi mempelajari Trisakti Bung Karno. GMNI menyatakan bahwa visi dan misi Gubernur Jateng yaitu membangun Jateng berdikari dengan berfokus membangun ekonomi rakyat dan kedaulatan pangan telah gagal karena Gubernur Jateng berusaha menghilangkan subyek ekonomi rakyat yaitu petani, padahal petani adalah salah satu pusat bagi pembangunan ekonomi yang berdikari. GMNI mengharapkan kebijakan Presiden R.I untuk menyelamatkan kaum petani kendeng yang ditindas oleh pemerintah Provinsi dan pemilik modal (kapitalis).
Dari puluhan anghota hanya 3 orang yang melakukan orasi yaitu sdr Anas,
sdri Kiki dan sdr Edo.
Dalam orasinya mereka Menyampaikan tentang penolakan pembangunan pabrik semen di daerah Gunung Kendeng Rembang dan mensikapi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sudah lupa akan Trisakti Bung Karno.
Aksi GMNI Kota Surakarta juga dilakukan aksi pembakaran sebuah boneka dengan gambar kepala Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dengan aksi pembakaran tersebut untuk mengingatkan agar tidak lupa akan ajaran Bung Karno.
Selama kegiatan berlangsung aman lancar kondusif.
Penulis : Miun Kliwon
Editor    : Umi Fadhila
Publish : Sumarjo

Admin Polri56695 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password