1 Pelaku Narkoba Tewas Tertembak Petugas BNN

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Pengungkapan dan penangkapan terhadap jaringan narkoba internasional yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat, bersama Polri dan Bea Cukai, Senin (20/3/17) malam pukul 23.30 WIB, berhasil menangkap tiga pelaku.

Penangkapan ini, dilakukan di Jalan Adisucipto, di depan Terminal Oplet Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Pelaku adalah WY (29) kurir dan supir, GD (31) kurir. Keduanya merupakan warga Dusun Balai Karangan IV, Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau. Sementara Apoi (50) warga Kelurahan Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, selaku pemesan sekaligus penerima barang, tewas tertembak lantaran berusaha kabur saat ditangkap petugas.

IMG_8536 Hasil penangkapan Barang bukti yang diamankan sebanyak sebelas kilogram narkotika jenis sabu yang dibawa WY dan GD dan disimpan di dalam dinding pintu mobil KB 1645 K. Barang haram Sabu asal Malaysia ini hendak diserahkan kepada Apoi di Jalan Adisucipto.

Menurut Deputi Pemberantasan BNN RI, Irjen Pol Arman Depari dalam jumpa pers di Pontianak Selasa sore (21/3/17), sabu seberat 11 kg, dibawa dari Malaysia masuk keperbatasan Entikong melalui wilayah Kabupaten Sanggau untuk dibawa ke Kota Pontianak.

“Sejak Diperbatasan, kami berhasil mengikuti kedua kurir tersebut sampai di Pontianak. Apoi kemudian melakukan pengambilan terhadap 11 Kg sabu. Pada saat ditangkap, residivis ini melarikan diri dan terpaksa dilakukan tindakan tegas,” ungkapnya.

IMG_8539Tindakan keras dan tegas terpaksa dilakukan dengan tembakan terukur, lantaran untuk menghentikan pelarian pelaku, yang berusaha melarikan diri.

Setelah pelaku terjatuh, dilakukan pertolongan pertama dengan melarikan pelaku ke Rumah Sakit Bhayangkara Anton Soejarwo Pontianak. Namun pada saat diberikan pertolongan, pelaku dinyatakan meninggal dunia.

Dalam kasus ini lanjut dia, BNN menerapkan pasal 114 ayat (2) Juncto pasal 132 ayat (1) Pasal 112 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman paling berat hukuman mati.

“Termasuk juga dilakukan tindakan TPPU apabila ditemukan transaksi keuangan yang signifikan,” tegasnya.

Penulis: Cucu Safiyudin
Editor: Umi Fadillah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password