Seleksi Garuda Bhayangkara FPU X Memasuki Tahap Psikologi Interview

Tribratanews.polri.go.id – Cikeas. Seleksi gelombang I penugasan khusus Garuda Bhayangkara II Formed Police Unit (FPU) X berlanjut setelah kemarin melewati tes mengemudi kendaraan. Hari ini para peserta memasuki test psikologi interview, Selasa (21/3) di Pusat Latihan (Puslat) multifungsi Polri Cikeas Bogor. Tes psikologi interview ini diikuti oleh 99 anggota Polri dari berbagai kesatuan wilayah dan Mabes Polri yang dibagi menjadi 10 kelompok.

Tes interview psikologi ini dilakukan oleh tim psikolog dari biro psikologi SSDM Polri. Ada sembilan orang psikolog yang ditugaskan untuk mewawancarai satu per satu peserta seleksi ini. Tes Wawancara bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang kejiwaan dan potensi dari masing-masing peserta. “Wawancara ini merupakan kelanjutan dari tes psikotest tertulis sebelumnya, yang bertujuan menggali lebih dalam tingkat kejiwaan dan potensi dari para peserta seleksi”, ujar Akbp. Fitria Mega M.Psi salah satu psikolog biro psikoligi SSDM Polri yang ditugaskan mewawancarai pada kegiatan ini.

Ada beberapa aspek penilaian dalam tes interview psikologi ini antara lain kecerdasan umum, kemampuan analisa, daya tangkap, pengendalian diri, penyesuaian diri, kepercayaan diri, loyalitas, orientasi pelayanan, mitivasi kerja, kerja sama, ketelitian kerja, kecepatan kerja, ketahanan kerja. “Dari aspek penilaian tersebut akan diketahui tingkat kejiwaan dari para peserta yang sangat mempengaruhi pada penugasan nanti di daerah operasi. Karena penugasan ini sangat membutuhkan mental yang betul-betul siap karena penugasan ini mempunyai beban kerja lebih dengan daerah operasi yang berbeda budaya dan geografisnya sehingga mempunyai potensi tingkat stress yang tinggi” lanjut Akbp. Fitria Mega M.Psi saat diwawancarai sejenak oleh tim Tribratanews.polri.go.idBeautyPlus_20170321112527_save-720x480

Salah satu peserta seleksi dari Pol Air Polda Banten, Kompol Syamsul Bahri mengaku ditanya seputar latar belakang pengalaman penugasan dan motivasi mengikuti seleksi pasukan Garuda Bhayangkara II FPU X, “Tadi diwawancarai tentang pengalaman tugas sebagai anggota Polri, latar belakang keluarga terutama kesiapan dukungan dari keluarga yang akan ditinggal jauh dan lama serta tujuan mengikuti seleksi dan seputar kesiapan serta langkah-langkah tugas kerja yang akan dilakukan nanti apabila terpilih sebagai wadan satgas FPU X”.

Selain tahapan tes psikologi interview ini, para peserta seleksi pun harus melewati berbagai tahapan seleksi lainnya antara lain tes kesehatan, jasmani, komputer, psikotest tertulis, menembak, mengemudi dan tes bahasa. Dari seleksi yang terdiri dari 3 gelombang yang dimana setiap gelombang diikuti oleh 100 peserta ini diharapkan akan terjaring sebanyak 150 anggota Polri yang akan menjadi Kontingen Garuda Bhayangkara FPU X dan dijadwalkan berangkat pada tahun 2018 menggantikan kontingan Garuda Bhayangkara FPU IX yang saat ini sedang bertugas menjadi pasukan perdamaian PBB di Darfur.

Penulis : Saefulloh
Fotografer : Yulianto
Editor : Umi Fadillah
Publish : Saefulloh (Humas Mabes Polri)

Admin Polri54510 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password