Penganiayaan di Solo : Polresta Surakarta Berhasil Menangkap 6 Pelaku Pengeroyokan di Jurug

IMG-20170321-WA0028

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Membalas dendam tak mungkin bisa menyelesaikan masalah justru menambah masalah. Karena dendam antar kelompok di Solo ini mengakibatkan kedua kelompok saling membalas apakah antar kelompok atau secara perseorangan. Justru akibat dendam dan ingin membalas bisa jadi mendekam di bui.
Kejadian pengeroyokan ini bermula dari perseteruan antara kelompok Gondes dengan kelompok DMC. Saat tersangka Ari memerima sms dari Agik pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2017 yang memberitahu agar besok hari Sabtu malam Minggu tanggal 18 Maret 2017 untuk berkumpul atau ketemuan di wedangan atau HIK pak Genthong di Kepatihan Kulon Jebres Surakarta. Maka pada jam 19.00 hari Sabtu malam minggu tersangka Ari sampai di wedangan Pak Genthong dan teryata sudah banyak teman temanya yang menunggu. Pada sekitar pukul 20.30 Wib Kelompok ini (Kaosnya bertuliskan Gondes) mendapat Informasi bahwa kelompok DMC sudah berkumpul di lapangan Mojosongo Jebres Surakarta. Kemudian tersangka Ari ini bersama rombongan ramai-ramai mendatangai lapangan Mojosongo dan langsung melakukan pengrusakan di salah satu warung HIK. Setelah merusak rombongan kembali ke HIK Genthong di Kepatihan. Selang satu jam sekitar pukul 21.30 Wib tersangka lain yaitu TB, Kenying dan teman temannya membawa korban saudara Andrean Batistuta alias Wawe. Korban ini ditangkap bersama saksi Abdul oleh rombongan tersangka di belakang pabrik Astor Kp Krajan Mojosongo dan kemudian di bawa ke Hik gentong dan ketemu dengan rombongan tersangka Ari.
Tersangka Ari dkk setelah ketemu tersagka TB dkk yang membawa Korban Wawe langsung di bawa kebelakang HIK pak Genthong dan dipukuli beramai-ramai. Tidak cukup sampai disitu korban kemudian dibawa keliling ke Manahan Banjarsari Solo untuk mencari temennya namun tidak ketemu dan kembali di pukuli di warung es Degan Joss Manahan. Setelah puas memukuli di Manahan korban dibawa keliling lagi dengan tujuan sama mencari temanya hingga sampai di Jurug dan tidak ketemu. Belum puas para tersangka ini kembali memukuli korban bahkan korban ditelanjangi atau dilucuti pakaianya kemudian ditinggal begitu saja di Jurug dan para pelaku membubarkan diri.
Berkat laporan yang di buat oleh korban saudara Wawe maka Sat Reskrim Polresta Surakarta berhasil menggulung 6 tersangka dari sekitar 15 tersangka lainya (Masih dilakukan pengejaran).
Waka Polresta Surakarta AKBP Andi Rifai di dampingi Kasat Reskrim Kompol Agus Puryadi saat Jumpa Pers Senin 20 Maret 2017 Pukul 14.00 Wib membenarkan penangkapan ini. ” 6 tersangka 2 dewasa dan 4 masih anak-anak dan pelaku lainya masih dalam pengejaran “. Motif dari pengeroyokan atau penganiayaan ini adalah dendam antar kelompok.
Terkait masalah yang terjadi sebelumya tentang pengeroyokan yang dilakukan oleh tersangka kelompok DMC hal ini masih di selidiki. Dari beberapa tersangka ini dengan 4 Tkp yaitu di Hik Mojosongo (pengrusakan) di Hik Genthong, Tkp Es Degan Joss Manahan dan Tkp di Jurug.
Para tersangka tersebut adalah :
1. Muhamad Ari Munandar 18 tahun Gandekan Rt 02/04 Jebres Solo.
2. Danu Yunanto alias Kenying 19 th Gambirsari Kadipiro Rt 06/13 Banjarsari Solo.
3. AAD.17 th Kepatihan kulon rt 03/04 Kel. Kepatihan Jebres.
4. NAS, 17 th, ngebrusan Rt 03 rw 04 Kestalan Banjarsari Solo. .
5.RBP, 15 th. Perum Yarsis rt 04 Rw 022 Makam Haji Kartosuro Sukoharjo.
6. BA, 17 th Talang Rt 007 Rw 002 Banaran Grogol Suloharjo.

Barang bukti yang dapat diamankan adalah sebilah oedang, sebilah kayu. Kaos beruliskan Gondes. Baju Korban.
Dari ke 6 tersangka tersebut yang 4 diantaranya di periksa di unit PPA Sat Reskrim karena masih di bawah umur atau anak dan 2 tedsangka lainya di periksa di penyidik umum.
Kepada para tersangka tegas Waka Polresta di kenai Pasal 170 ayat (1) KUHP ” Barang siapa secara beesama sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang, sebagaimana di.maksud dalam rumusan pasal 170 ayat (1).
Penulis : Sumarjo
Editor : Umi Fadhila
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password