Kasus P21, Polres Pasaman Barat Limpahkan Berkas Dua Tersangka Kasus Korupsi ke Kejaksaan Negeri

IMG-20170318-WA0013

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Dua orang tersangka kasus korupsi yang ditangani oleh Sat Reskrim Polres Pasaman Barat, akhirnya diserahkan ke Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Jumat (17/3).

Kapolres Pasaman Barat AKBP Joko Ananto, S.Ik mengatakan bahwa kasus tersebut sudah dinyatakan P21 sehingga dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Pasbar.

Dua orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka yakni MC (40) selaku kuasa Direktur CV. Hesti Karya selaku pelaksana kontrak kerja, dan ED (42) bertugas pada Kabag Keuangan Pemkab Pasaman Barat.

“Tersangka MC ditetapkan sebagai tersangka dalam pengerjaan proyek tidak sesuai dengan spek pekerjaan, sedangkan ED waktu itu sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas Sosial”, ujar AKBP Joko Ananto.

Kasus tersebut berawal dari adanya dugaan korupsi pada proyek pemerintah Kab. Pasbar terhadap tambahan pembangunan kawasan Perumahan Transmigrasi sebanyak 50 unit di Aek Nabirong Nagari Parik Kec. Koto Balingka Pasbar Tahun Anggaran 2011.

Proyek tersebut dikerjakan oleh CV. Hesti Karya, namun dalam pengerjaannya ternyata tidak sesuai spek pekerjaan diantaranya pembuatan gorong-gorong, pembuatan jembatan, pembuatan sumur, dan pembangunan phisik perumahan sangat tidak layak huni.

“Akibat tidak sesuai spek pekerjaan yang dilakukan oleh tersangka, negara mengalami kerugian Rp. 552.768.821 rupiah “, jelas Kapolres Pasbar.

Setelah penyerahan tersangka dan barang bukti, pihak Kejaksaan Negeri Pasbar langsung melakukan penahanan terhadap kedua tersangka di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Muaro Padang.

Penulis : R. Fauzi
Editor : Umi Fadilah
Publish : Humas Polda Sumbar

Admin Polri53937 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password