Mengulik Beberapa Senjata Tradisional Khas Banten

23 January 2023 - 17:00 WIB
Foto: Pinhome.id

Tribratanews.polri.go.id - Indonesia merupakan negara yang kaya akan aneka dan ragam budayanya, setiap daerah memiliki ciri dan khas masing-masing. Senin, (23/1/23).

Salah satunya Provinsi Banten yang salah satunya yang memiliki berbagai senjata tradisionalnya, dahulu senjata ini digunakan sebagai melindungi diri, dan ada juga digunakan sebagai penangkaran dan perburuan hewan untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Berikut ini senjata tradisional khas Banten dilansir dari pinhome.id :

1. Golok Sulangkar

Golok Sulangkar adalah golok keramat asli yang diwariskan dari budaya Banten, golok Sulangkar juga sering dipakai oleh masyarakat Banten sebagai senjata saat melawan penjajah pada jaman dahulu. Pada masa silam, orang Banten memakai Golok Sulangkar ini dengan mengoleskan racun ke bagian pedangnya, dan racun yang dioleskan tersebut adalah racun dari ular tanah, kalajengking, dan katak budug, sehingga efek serangan senjata tersebut sangat mematikan.

2. Golok

Golok Banten adalah benda bersejarah sebagai simbol peradaban zaman Kerajaan Banten. Pada masa silam. golok dipakai sebagai alat pertahanan untuk melawan musuh atau orang yang berniat mengancam keselamatan. Golok Banten digunakan oleh para jawara untuk mempertahankan diri dari serangan musuh dan sebagai lambang kehormatan dan derajatnya sebagai pendekar/jawara.

3. Golok Ciomas

Senjata Tradisional Banten dengan sebutan Golok Ciomas ini adalah jenis senjata yang bersejarah di daerah Banten. Golok Ciomas ini bentuknya tidak berbeda dengan golok-golok lain pada umumnya dan sebagai senjata simpanan untuk membela diri.

4. Congkrang (Arit) Banten

Congkrang atau Arit adalah senjata tradisional Banten yang bentuknya sedikit berbeda dengan bentuk Bedog, dimana pada bagian ujung senjata ini agak melengkung ke bawah.

Baca juga: Senjata Tradisional Khas Jawa Tengah

5. Bedog

Bedog adalah perkakas harian yang sering digunakan di ladang atau sawah. Kegunaannya menebang pohon, menebang bambu, membelah kelapa, keperluan dapur dan masih banyak kegunaan-kegunaan lainnya. Senjata tradisional dengan nama Bedog ini merupakan salah satu peralatan senjata yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

6. Parang

Parang adalah salah satu senjata tradisional dari daerah Banten, yang fungsinys selain sebagai senjata untuk melindungi diri, juga bisa dipakai sebagai alat untuk membantu kebutuhan hidup sehari-hari.

(ek/pr/um)


Share this post

Sign in to leave a comment