Vihara Avalokitesvara di Banten Ramai Dikunjungi Warga Tionghoa

23 January 2023 - 08:00 WIB
Foto: Indonesiakaya.com

Tribratanews.polri.go.id - Serang. Vihara Avalokitesvara Kasemen di Kota Serang, merupakan vihara tertua di Provinsi Banten yang ramai didatangi masyarakat dan warga Tionghoa saat perayaan Tahun Baru Imlek 2023.

Wiriyanto, salah satu warga Tionghoa Asal Kelurahan Kebun Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, mengatakan datang ke Vihara Avalokitesvara Banten untuk merayakan dan menjalankan ibadah tahun baru Imlek 2574 Kongzili bersama keluarganya. Beliau berharap di tahun baru Imlek sekarang dan seterusnya bisa normal kembali pasca pandemi Covid19

"Setiap perayaan Imlek hari pertama itu kita sembahyang dan berdoa di vihara ini. Semoga di tahun-tahun berikutnya juga bisa seperti ini terus agar bisa berkumpul dan bersembahyang bersama," ujarnya dikutip dari Antaranews.com, Minggu (22/1/23).

Adapun itu, tidak hanya warga Tionghoa yang mendatangi vihara untuk bersembahyang, akan tetapi banyak yang sengaja berkunjung untuk melihat jalannya Imlek di kawasan itu.

Baca juga: Warga Keturunan Tionghoa Melaksanakan Tradisi Melepas Burung Menyambut Perayaan Tahun Baru Imlek

Selain itu, nampak jemaat vihara melepas burung yang merupakan suatu tradisi turun menurun yang melambangkan ungkapan untuk melepas keburukan, permohonan maaf dan keselamatan sekaligus untuk menjaga kelestarian alam.

Hewan tersebut dibeli jemaat dari pedagang burung yang ada di depan area vihara.

Sementara itu, Kabag Binops Ditlantas Polda Banten, AKBP Iwan Muri juga mengatakan melakukan pengamanan perayaan tahun baru Imlek guna menciptakan keamanan dan kenyamanan serta ketertiban warga dalam melaksanakan ibadah.

"Kami lakukan pengamanan terhadap sodara kita yang sedang melaksanakan perayaan tahun baru Imlek," ujarnya.

Kabag Binops menjelaskan, kondisi saat ini dinilai aman dan kondusif serta tidak ada kejadian yang menonjol maupun kemacetan lalu lintas.

(sy/hn/um)


Share this post

Sign in to leave a comment