Luar Biasa! Makanan Indonesia Ini Mendunia, Tapi Harganya Mahal

11 February 2023 - 05:50 WIB
CNN Indonesia

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sejumlah makanan Indonesia memiliki harga yang mahal. Bahkan beberapa di antaranya masuk dalam daftar makanan termahal di dunia. Dibalik harganya yang mahal, makanan ini juga memiliki rasa yang enak dan menggugah selera. Kenikmatannya pun sudah diakui dunia.

Baca juga : Mengenal Beberapa Pakaian Adat Khas NTT dengan Keunikan Masing-masing

Berikut empat makanan termahal di Indonesia, dilansir sindonews.com, Jumat (10/2/23).

1. Kuliner Lele
Lele di Korea Selatan bisa menjadi sangat mahal. Salah satu kuliner lele yang disukai orang Korea Selatan adalah jangeo gui yakni lele atau belut yang dipanggang dengan menggunakan bumbu spesial.
Daging lele ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih kenyal dari pada lele yang ada di Indonesia. Tak heran, jika per kilonya dibandrol Rp2 juta.

2. Kopi Luwak
Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi Indonesia yang paling terkenal adalah kopi luwak . Binatang luwak mengkonsumsi biji-biji kopi terbaik. Kemudian, biji tersebut dikeluarkan melalui kotoran luwak.
Nantinya, biji kopi dari kotoran luwak ini yang menghasilkan cita rasa yang pas. Melalui berbagai proses yang panjang. Jadi, tak heran jika harga secangkir kopi luwak di luar negeri bisa dijual Rp1,1 juta per cangkirnya.

3. Ayam Cemani
Ayam Cemani diternakkan di Indonesia dan memiliki warna hitam di seluruh tubuh, hingga organ dalamnya. Terkesan menyeramkan. Biasanya, ayam ini diolah untuk dijadikan sesajen bagi sebagian masyarakat Jawa.
Ayam ini disebut memiliki rasa yang gurih. Bahkan untuk membeli satu ekor ayam cemani, bisa mencapai Rp2 juta.

4. Sup Sarang Burung Walet
Sarang burung walet merupakan kuliner yang biasa dikonsumsi orang Indonesia. Namun kuliner ini bisa menjadi mahal karena tingginya konsumen di Tiongkok. Hal ini karena hampir seluruh bagian sarangnya terbuat dari air liur burung walet.
Selain itu, sarang burung walet memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti kalsium, mineral, zat besi dan asam amino. Zat ini dipercaya bisa menyembuhkan kanker, meningkatkan daya ingat dan dapat membantu proses regenerasi sel-sel tubuh.
Dengan banyaknya manfaat, tak heran jika semangkuk sup sarang burung walet dijual seharga Rp1,4 juta per mangkuk.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment