Inilah Rekomendasi Makanan Khas Maluku Utara yang Harus Dicoba

14 February 2023 - 07:00 WIB
makananoleholeh.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Maluku Utara (Malut) menyimpan kekayaan kuliner lezat dengan hidangan khas ikan laut dengan bumbu aneka rempah yang bertabur kacang kenari. Sehingga memiliki citra rasa yang lezat .

Maka, jika berkunjung ke Ternate, Tidore, atau Kota Baru Sofifi, Anda wajib mencicipi kuliner khas Malut. Berikut ini beberapa makanan khas Malut, seperti dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, Senin, (13/2/23).

Baca juga : Luar Biasa! Makanan Indonesia Ini Mendunia, Tapi Harganya Mahal

1. Pupeda
Makanan bertekstur kental dan lengket ini menjadi makanan pokok warga setempat. Pupeda berbahan dasar tepung sagu ini sangat pas dipadukan dengan kuah mubara, dengan lauk ikan tongkol.
Salah satu yang menarik dari makanan ini adalah cara menyantapnya. Sebab, Anda bakal membutuhkan bantuan alat seperti sumpit dan menggulung papeda dengan sumpit kemudian menyeruput kuah.

2. Gatang Kenari
Berbahan dasar kepiting darat, makanan ini mempunyai rasa yang lembut dan gurih, daripada jenis kepiting lainnya. Tak heran, jika banyak wisatawan yang berburu kuliner ini. Selain nikmat, makanan ini juga dikenal kaya manfaat.

3. Kasbi Komplet
Warga Malut kerap menjadi makanan ini menjadi makanan pokok. Makanan yang terbuat dari singkong ini mempunyai kandungan karbohidrat tinggi. Kabarnya, makanan ini dapat membuat metabolisme tubuh makin lancar. Apalagi, jika ada tambahan sayur atau lauk yang pas, sehingga mampu menambah jumlah asupan nutrisi lainnya.

4. Ikan Cakalang
Kuliner ikan asap asli Maluku ini diolah dengan teknik pengasapan. Biasanya, ikan yang dipakai adalah jenis ikan cakalang serta tuna. Banyak yang bilang jika kedua ikan ini akan awet ketika diasapi. Serta membuat tekstur rasanya begitu khas.

5. Sambal Colo-Colo
Sambal colo-colo nyaris tak pernah absen dalam setiap kuliner khas Malut, terutama untuk menemani hidangan lauk ikan bakar, ikan asap, atau ayam. Sambal ini memiliki rasa yang sangat pedas. Karena dibuat dari cabai rawit beserta bawang merah, bawang putih, tomat muda yang semuanya dirajang kecil-kecil.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment