Inilah 7 Danau di Indonesia yang Menakjubkan

9 November 2022 - 20:16 WIB
Foto : (nativeindonesia.com)

Tribratanews.polri.go.id - Indonesia memang memiliki keanekaragaman pemandangan, pegunungan dan perairan. Apalagi, Indonesia memiliki kekayaan alam, seperti danau yang sangat luar biasa. Kali kita akan merangkum beberapa danau yang indah di Indonesia, seperti dikutip dari travel.okezone.com, Rabu (9/11/22).

Baca juga : Keindahan 4 Desa Dijuluki Negeri di Atas Awan di Indonesia yang Menakjubkan

1. Danau Habema, Pegunungan Jayawijaya
Jayawijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia dan satu-satunya wilayah bersalju di Nusantara. Gunung ini juga memiliki danau indah, Danau Habema namanya dengan nama asli Yuginopa. Jadi, danau tertinggi di Indonesia. Lokasinya bertepatan di kawasan Taman Nasional Lorentz Papua Barat beradq di ketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

2. Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru
Bagi para pendaki tentunya sudah tak asing lagi jika mendengar nama Gunung Semere yang juga dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini memiliki ciri khas dengan keberadaan Ranu Kumbolo di atasnya.
Karena keindahannya, Danau Ranu Kumbolo jadi salah satu tujuan para pendaki selain Puncak Mahameru. Danau ini berada di ketinggian 2.389 mdpl.

3. Danau Segara Anak, Gunung Rinjani
Danau ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) luasnya mencapai 1.100 ha dengan kedalaman 230 meter. Danau ini berada di ketinggian 2.010 mdpl. Pemandangan danau ini sungguh memesona.

4. Danau Toba
Danau yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bukan bagi. Danau dengan panjang 100 km, lebar 30 km dan kedalaman 508 meter.

5. Danau Sentani
Danau ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup dikenal, bahkan tak lengkap rasanya apabila ke Papua tanpa menengok danau ini. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar.

Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua menjadikan danau terluas di tanah Papua.

6. Danau Begu Ganjang
Danau Toba menjadi bagian dari destinasi super prioritas. Namun danau ini menyimpan sebuah mitos yang menceritakan tentang ikan mas raksasa. Lalu mitos itu menjadi ramai diperbincangkan pasca tenggelam nya kapal KM Sinar Bangun pada 2018 silam.

7. Danau Rombebai
Danau ini terletak di tepi Sungai Mamberamo atau tepatnya di Kecamatan Mamberamo Hilir, Kabupaten Mamberamo Raya, Provinsi Papua.

Danau ini memiliki luas 13.749 ha, dan menjadi danau terluas dan terbesar kedua setelah Danau Sentani. Rombebai berdekatan dengan aliran Sungai Mamberamo dan berjarak 20 km dari Samudera Pasifik.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment