Keindahan 4 Desa Dijuluki Negeri di Atas Awan di Indonesia yang Menakjubkan

9 November 2022 - 11:35 WIB
Foto : (floresnews.id)

Tribratanews.polri.go.id - Keindahan alam Indonesia tak kalah saing dengan negara lain. Apalagi, negara yang memiliki kepulauan banyak ini memiliki berbagai jenis keindahan alam yang bisa dijadikan spot wisata. Keindahan alam yang ada di Indonesia ini menjadi daya tarik dari para wisatawan untuk berkunjung. Oleh karena itu, tak heran kalau negara Indonesia dijuluki sebagai negara yang kaya akan keindahan alam.

Perlu diketahui, surga keindahan ini ada di beberapa desa di daerah Indonesia. Tak hanya memiliki keragaman budaya, beberapa desa juga memiliki keindahan alam menakjubkan. Salah satunya desa yang dijuluki negeri di atas awan, yaitu hamparan alam nan hijau berpadu dengan gulungan awan putih yang membentang cantik di depan mata. Tentunya akan membuat para wisatawan terpana dan terlena dengan keindahan beberapa desa di atas awan tersebut.

Seperti dilansir dari floresnews.id, Rabu (9/11/22), inilah beberapa desa yang dijuluki negeri di atas awan:

1. Desa Fatumnasi, NTT

Salah satu desa di kabupaten Timor Tengah Selatan ini terkenal dengan panorama pegunungan berpadu dengan awan yang menyerupai kapas-kapas tipis yang sangat memesona. Desa Fatumnasi juga menyajikan pemandangan alam yang indah berupa hutan, danau, padang, perbukitan dan lembah yang indah, serta memiliki udara yang sejuk.

Fatumnasi dengan kecantikan alamnya yang mengundang decak kagum telah banyak menarik perhatian dan minat wisatawan yang datang. Selain itu, terdapat beberapa objek wisata yang terkenal di Desa Fatumnasi, mulai dari Hutan Bonsai, Benteng Dua Puteri, Gunung Mutis, hingga Danau Nefo Kaenka.

2. Desa Widoro, Jawa Timur 

Desa Widoro yang terletak di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur memiliki bukit bernama Bukit Banyon.
Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas sehari-hari. Dari atas ketinggian 1.175 meter, Anda bisa menikmati eksotisme hamparan awan putih yang menyelimuti perkampungan dan gugusan-gugusan pegunungan yang ada di wilayah Trenggalek.

Berada di kawasan ini, seakan berada di negeri atas awan. Indahnya pemandangan Bukit Banyon, juga kerap dijadikan lokasi untuk foto. Di Bukit Banyon, bisa menikmati tiga keindahan panorama sekaligus, yakni pemandangan saat matahari terbit, matahari tenggelam dan gulungan awan putih yang menyelimuti perbukitan Rejek Wesi, Banyon dan sekitarnya.

Baca juga : Inilah Beberapa Destinasi Wisata Bukit di Indonesia

3. Desa Sembungan, Jawa Tengah

Desa ini merupakan salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa, Desa Sembungan berada di ketinggian 2.105 mdpl. Desa di Wonosobo ini menyimpan segudang wisata alam bak surga seperti Bukit Sikunir, Curug Sikarim, Gunung Pakuwojo, Gunung Seroja, dan Telaga Cebong. Dinamakan Desa Sembungan karena konon dulunya kawasan ini memang ditumbuhi oleh pohon sembung.

Hamparan ladang persawahan, lembah-lembah nan hijau, dan telaga yang berada di tengah seakan-akan menyempurnakan keindahan alamnya. Dan semakin takjub melihat perpaduan view awan putih serta perkebunan carica, sejenis pepaya gunung yang menjadi ciri khas Dataran Tinggi Dieng.

4. Kampung Lolai, Sulawesi Selatan

Sulawesi selalu membawa fenomena alam yang indah. Salah satunya, kampung di puncak perbukitan dengan pemandangan yang sangat cantik yakni bernama Lolai. Kampung Lolai ini dikenal sebagai Negeri di atas awan dari tanah Toraja. Destinasi ini sedang hits di media maupun sosial media.

Desa ini terletak di dataran tinggi, sehingga bisa menyaksikan pemandangan yang super indah dari sini dan terdapat awan yang sangat indah sekali. Selain pemandangannya yang memikat.

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment